//

KUALITAS HIDUP LANSIA PENGGUNA GIGI TIRUAN PENUH DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jannatin Kintawarmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kualitas hidup merupakan suatu komponen yang kompleks, mencakup usia harapan hidup. Setiap lansia mengharapkan kehidupan yang berkualitas. Hidup lansia yang berkualitas merupakan optimalnya kondisi fungsional, termasuk fungsi yang dilakukan oleh rongga mulut sehingga mereka bisa menikmati masa tuanya dengan penuh makna, membahagiakan dan berguna. Semakin lanjut usia seseorang, kondisi jaringan di dalam mulut akan mengalami perubahan, salah satunya ialah meningkatnya risiko kehilangan gigi. Hilangnya seluruh atau sebagian gigi memberikan efek yang sama terhadap penurunan kualitas hidup, Penggunaan gigi tiruan penuh diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas hidup lansia. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui bagaimana kualitas hidup lansia pengguna gigi tiruan penuh di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 13 pasien yang di peroleh dengan menggunakan teknik purposive sampling sesuai kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukan lansia yang menggunakan gigi tiruan penuh di rumah sakit gigi dan mulut Universitas Syiah Kuala dikatagorikan baik, dikarnakan kebanyakan pasien yang menjawab dengan skor 0-18,6 yang dikategorikan baik dengan presentase 80%. Kata kunci : Kualitas hidup, lansia, gigi tiruan lengkap

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGETAHUAN PASIEN TENTANG PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT YANG MEMAKAI GIGI TIRUAN LEPASAN DI RUMAH SAKIT GIGI MULUT UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH. (Febri Yollita, 2014)

PERBEDAAN STATUS GIZI LANSIA YANG MEMAKAI GIGI TIRUAN DENGAN YANG TIDAK MEMAKAI GIGI TIRUAN DI UPTD PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH (Rizki Permatasari, 2016)

TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TENTANG PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI TIRUAN LEPASAN AKRILIK(STUDI PADA RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (NAZTASIA MURTILASARI, 2014)

GAMBARAN PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUTRNPENGGUNA GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPASAN AKRILIKRNDI GAMPONG SEUNEUBOK MEULABOHRNACEH BARAT (Cut Shara Jingga, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI MULUT DAN GIGI TIRUAN TERHADAP KEHILANGAN GIGI PADA PASIEN LANSIA (STUDI DI RSGM UNSYIAH DAN PANTI JOMPO GEUNASEH SAYANG) (Syahru Ramadhan, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy