//

STUDI PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PASAR MANGGENG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ananda Yasmiharja Putra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pasar Manggeng merupakan pusat perekonomian di Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya yang melintasi jalan Nasional, sepanjang ± 228,5 meter, tipe jalan (2/2 UD), lebar badan jalan 7 meter lebar bahu jalan 0,50 meter. Ruas Jalan Pasar Manggeng yang selalu padat dengan aktivitas pedagang dan masyarakat yang memakirkan kendaraan di badan jalan, yang menyebabkan kapasitas efektif jalan menjadi lebih kecil. Berdasarkan permasalahan tersebut yaitu terjadinya penyempitan ruas jalan pengurangan kapasitas jalan dan menurunnya kinerja jalan sehingga memungkinkan akan terjadinya kemacetan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja jalan yaitu volume lalu lintas, kapasitas, hambatan samping, dan derajat kejenuhan. Data yang diambil adalah geometrik jalan, jumlah kendaraan yang melintas dan hambatan samping yang terjadi di ruas jalan tersebut. Survei dilakukan selama dua hari pada hari Selasa dan Rabu tanggal 20-21 Februari 2018, menggunakan metode Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Data geometrik jalan, hambatan samping didapat dari survei dengan melakukan pencatatan setiap jumlah kendaraan dan hambatan samping yang terjadi pada jam sibuk. Hasil tertinggi dari pengumpulan data didapatkan pada hari Rabu tanggal 21 Februari 2018 pukul 12.00-13.00 diperoleh volume lalu lintas sebesar 1434 smp/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,70 dan nilai hambatan samping 890,7 kej/jam dengan kelas hambatan samping tinggi. Sedangkan pada hari Selasa 20 Februari 2018 diperoleh volume lalu lintas sebesar 1376 smp/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,67 dan nilai hambatan samping 807,3 kej/jam dengan kelas hambatan samping tinggi. Untuk meningkatkan kinerja jalan dilakukan skenario penghilangan kendaraan keluar/masuk sisi jalan (No EEV) dan kendaraan melambat (No SMV). Dari hasil perhitungan kinerja ruas jalan setelah dilakukan skenario tersebut, terjadi perubahan nilai hambatan samping sebesar 752.5 dengan derajat kejenuhan sebesar 0.70 sehingga kinerja pada ruas jalan nasional pasar Manggeng menjadi lebih baik. Kata kunci : Volume Lalu Lintas, Derajat Kejenuhan, Hambatan Samping, Kapasitas, Kinerja Jalan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN MATA IE DI PASAR KEUTAPANG DUA ACEH BESAR (Muhammad Ikhsan, 2018)

ANALISIS KINERJA JALAN TEUKU ISKANDAR BANDA ACEH AKIBAT HAMBATAN SAMPING (NANDA MUNTASHIR MUZWAR, 2017)

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN TEUKU ABU LAM U (DEPAN PERKANTORAN BALAI KOTA BANDA ACEH) (Arifka Maulana, 2017)

KAJI ULANG KINERJA JALAN SATU ARAH PADA RUAS JALAN W.R. SUPRATMAN PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH (Elwin Syahrudi, 2018)

STUDI PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN W.R. SUPRATMAN KOTA BANDA ACEH (Aulya Akbar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy