//

ANALISIS KEBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN DI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Busra - Personal Name
SubjectPOVERTY - MACROECONOMICS
ECONOMIC POLICY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK ANALISIS KEBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN DI ACEH Oleh: Busra NIM: 1409300010016 Promotor :Prof. Dr. Raja Masbar, M.Sc Ko-Promotor :Dr. Ir. Agussabti, M.Si Ko-Promotor :Dr. Muhammad Nasir,S.E, M.Si, MA Sumberdaya fiskal yang cukup besar yang diterima oleh Aceh tidak sejalan dengan peningkatan keberdayaan masyarakat miskin. Kemiskinan di Aceh masih tergolong tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata kemiskinan nasional. Masyarakat miskin pada dasarnya memiliki potensi untuk berdaya, jika potensi tersebut diintervensi maka akan dapat meningkatkan keberdayaan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor apa yang dapat meningkatkan keberdayaan masyarakat miskin di Aceh. Penelitian ini menggunakan tehnik analisis structural equation modelling, dengan menggunakan data primer yang didapat dari survey dengan menggunakan kuisioner terhadap 300 responden yang tersebar ditiga kabupaten yang ada di Aceh, yaitu kabupaten Aceh Utara, Bener Meriah dan Aceh Jaya. Hasil uji confirmatory factor analysis (CFA) yang dilakukan menunjukan bahwa indikator yang digunakan dalam penelitian ini dapat menjelaskan keragaman masing-masing konstruk penelitian, hal ini dilihat dari nilai loading indicator dan nilai critical ratio yang berada diatas nilai cut-off. Beberapa indikator yang menjelaskan konstruk memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan indikator lain, hal ini menunjukan konstribusi indikator tersebut lebih besar dari indikator lainnya. Demikian juga pengaruh variabel eksogen terhadap variabel indogen. Dari hasil uji model struktural ditemukan bahwa variabel modal sosial, kapasitas rumah tangga dan respon kebijakan pemerintah secara signifikan mempengaruhi keberdayaan. Pemerintah dapat melakukan intervensi terhadap variabel ini, dengan melihat indikator yang mana yang memiliki kontribusi besar dalam menentukan keberdayaan masyarakat miskin di Aceh. Kata Kunci: Modal sosial, Kapasitas, Respon kebijakan, Indikator, Konstruk, Konstribusi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN ACEH BARAT DALAM MENGURANGI ANGKA KEMISKINAN PERIODE 2012-1017 (Meilizar, 2018)

ANALISIS KEMISKINAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (LINDARIATI, 2018)

PENGARUH KEBIJAKAN FISKAL TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH (Syarifuddin, 2017)

AKSES EKONOMI, SOSIAL DAN POLITIK PENDUDUK MISKIN DI KOTA BANDA ACEH (AFRINA ZAHARA, 2016)

PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR, SUKU BUNGA DAN EKSPOR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (YUNIDAR PURNAMA SARI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy