//

HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZOUHRAWATY JAMIL - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gadget merupakan alat elektronik yang dibutuhkan dan dimiliki oleh hampir semua mahasiswa zaman sekarang, dengan berbagai aplikasi-aplikasi bagus yang dimiliki gadget akibatnya mahasiswa tidak mampu mengontrol waktu penggunaan hingga larut malam, sehingga pengguna gadget dengan durasi pemakaian yang lama berdampak untuk kesehatan otak terganggu dan gangguan tidur seperti insomnia. Insomnia adalah salah satu gangguan tidur yang dialami seseorang dengan gejala kesulitan untuk memulai tidur dan sering terbangun atau sulit mempertahankan tidur nya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan kejadian insomnia pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Desain Penelitian ini menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dimulai dari tanggal 12 November sampai dengan 27 November 2018. Pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan metode probability sampling dengan teknik stratified random sampling dengan sampel yaitu 230 orang mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Didapatkan hasil bahwa mahasiswa yang mengalami insomnia dengan penggunaan gadget frekuensi tinggi sebanyak 48 orang (31,8%), sedangkan yang tidak mengalami insomnia sebanyak 103 orang (68,2%) dan yang mengalami insomnia dengan penggunaan gadget frekuensi rendah sebanyak 5 orang (6,3%), sedangkan yang tidak mengalami insomnia sebanyak 74 orang (93,7%). Berdasarkan hasil analisis uji Chi-square, didapatkan p value untuk variabel yaitu 0.000, yang berarti kesimpulannya terdapat hubungan signifikan antara penggunaan gadget dengan kejadian insomnia pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Insomnia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN INSOMNIA DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (SRI HARTINI, 2016)

GAMBAAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SÝIAH KUALA TAHUN AJAAN 2009 (Rahmat Faradilla, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN MENJELANG OBJECTIVE STRUCTURAL CLINICAL EXAM (OSCE) PERTAMA DENGAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2013 FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Maulida, 2014)

HUBUNGAN STRES DAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ullyaty Rachmah, 2016)

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP INSOMNIA PADA MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK SENIOR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA PADA MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK SENIOR FAKULTAS SYIAH KUALA PERIODE APRIL-MEI 2014 (Rini Pratiwi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy