//

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIP IN STAD PADA MATERI SISTEM INDRA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD RIDHA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
CURRICULUM
BIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Flip in STAD dan mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif mencakup mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis dan mengevaluasi serta untuk mengetahui peningkatan Collaboration Skills peserta didik pada materi sistem indra di SMA Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama, pengembangan model Flip in STAD menggunakan Design and Development Research (DDR) oleh Ellis & Levy dan tahap kedua, pengujian produk di lapangan menggunakan Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kabupaten Pidie Jaya meliputi SMAN 2 Meureudu, SMAN 1 Meureudu dan SMAN Unggul Pidie Jaya. Jumlah sampel sebanyak 130 peserta didik yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi ahli melalui teknik Delphi meliputi tes tertulis berupa 30 soal pilihan ganda dan lembar observasi Collaboration Skills. Analisis data dilakukan dengan menghitung N-Gain dan uji Independent Samples T Test menggunakan SPSS untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengembangan model Flip in STAD menghasilkan buku model, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan video kegiatan pembelajaran. N-Gain hasil belajar kognitif adalah 0,56 untuk SMAN 2 Meureudu, 0,53 untuk SMAN 1 Meureudu, 0,51 untuk SMAN Unggul Pidie Jaya dan Collaboration Skills peserta didik sebesar 81,9%. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran Flip in STAD menghasilkan perangkat dan media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif serta Collaboration Skills peserta didik dengan kategori tinggi pada materi sistem indra di SMA Kabupaten Pidie Jaya. Kata Kunci: Flip in STAD, hasil belajar kognitif, Collaboration Skills

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROCEDURES OF STAD AS A TECHNIQUE IN TEACHING READING (Illa Rahmatin, 2016)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING READING COMPREHENSION UNDER THE 2013 CURRICULUM(A QUALITATIVE STUDY AT SMPN 18 B. ACEH) (Isniati, 2015)

THE APPLICATION OF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) IN TEACHING SPEAKING SKILL FOR JUNIOR HIGH SCHOOL (Rapidawati, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII MTSN KUTA BARO (Lailatul Qadrina, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy