//

IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK UNSUR-UNSUR IKLIM DAN PERGESERAN MUSIM TANAM TERHADAP PRODUKTIFITAS PADI SAWAH DI KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Junaidi - Personal Name
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

JUNAIDI, 2013. Identifikasi Karakteristik Unsur-unsur Iklim dan Pergeseran Musim Tanam terhadap Produktifitas Padi Sawah di Kabupaten Pidie Jaya. Tesis Magister Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, dibawah bimbingan Hairul Basri dan Sugianto. ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk menganalisis Karakteristik unsur-unsur iklim dan pergeseran musim tanam serta hubungannya terhadap produktifitas hasil tanaman padi dalam kurun waktu 10 tahun. Penelitian ini bersifat diskriptif yang dititik beratkan pada penerapan musim tanam terhadap Karakteristik unsur-unsur iklim yang dikaji adalah permasalahan iklim yang dihadapi saat ini. Jenis data yang diambil adalah data sekunder dari BPP Kabupaten Pidie Jaya. Selanjutnya analisis data menggunakan regresi linier berganda, Y sebagai produktifitas padi (ton/ha) dan X sebagai unsur iklim yang berupa curah hujan, kelembaban, suhu dan musim tanam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata Karakteristik iklim dapat mempengaruhi hasil rata-rata produktifitas padi sebesar 6,55 ton/tahun dengan total rata-rata curah hujan adalah 1.942,30 mm/tahun, suhu sebesar 27,55 oC dengan penggolongan panas dan kelembaban sebesar 78,23% dengan indek kelembaban basah. Rata-rata pergeseran musim tanam gadu di Kecamatan Bandar Baru selama 22 hari, Bandar Dua selama 20 hari dan Meureudu selama 19 hari, akan tetapi terjadi pergeseran rata-rata musim tanam rendengan di Kecamatan Bandar Baru selama 19 hari, Bandar Dua selama 17 hari dan Meureudu selama 18 hari dan berhubungan negatif yang nyata antara pergeseran musim tanam dan Karakteristik iklim, sehingga tingkat produktifitas padi terjadi penurunan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 46,82 persen; 54,47 persen dan 21,83 persen Kata kunci : unsur-unsur iklim, musim tanam, produktifitas padi.  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS CURAH HUJAN EFEKTIF HARIAN UNTUK MENENTUKAN POLA TANAM PADA SAWAH TADAH HUJAN DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR (MAYSITA HAMZAH, 2015)

EVALUASI STATUS HARA DAN REKOMENDASI PEMUPUKAN SPESIFIK LOKASI UNTUK PADI SAWAH DI KECAMATAN PIDIE KABUPATEN PIDIE (KHAIRUNNISA M, 2017)

PERBEDAAN STATUS PENGUASAAN LAHAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERLAKUAN USAHATANI DAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR (IKHSAN, 2015)

DAMPAK KEKERINGAN TERHADAP ADAPTASI USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Rizky Ramadhan, 2014)

ANALISIS SIKAP TOLERANSI PETANI PADI TERHADAP RISIKO USAHATANI PADI DI KABUPATEN ACEH BESAR, PIDIE JAYA DAN ACEH TENGAH (WILDA WAHYUNI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy