//

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANJUT USIA DI PANTI JOMPO KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMAD MULYA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gangguan kognitif merupakan penyakit degeneratif yang setiap tahunnya mengalami peningkatan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi fungsi kognitif seseorang seperti hipertensi, diabetes mellitus tipe 2, dan indeks massa tubuh yang tidak ideal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan status gizi dengan fungsi kognitif pada lanjut usia. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan rancangan potong lintang. Metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik total sampling. Penelitian dilakukan di panti Jompo Kota Banda Aceh dari tanggal 4 Desember 2018 sampai dengan 10 Desember 2018 dan didapatkan sampel sebanyak 47 orang yang memenuh kriteria inklusi. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden berjenis kelamin wanita (68,1%), usia 70-74 tahun (36,2%), status gizi salah (42,5%), dan mengalami gangguan kognitif (48,9%). Analisis data dengan uji Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan fungsi kognitif (p=0,050), serta correlation coefficient menunjukkan adanya korelasi lemah antar kedua variable (r=+0,288). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara status gizi dengan fungsi kognitif pada lanjut usia di panti jompo Kota Banda Aceh dimana status gizi salah (kurus atau gemuk) akan meningkatkan penurunan fungsi kognitif. Kata kunci: fungsi kognitif, status gizi, lanjut usia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN STATUS GIZI LANJUT USIA YANG TINGGAL DENGAN KELUARGA DAN DI PANTI JOMPO DI KABUPATEN GAYO LUES (Ermawati, 2016)

FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETERBATASAN FUNGSIONAL PADA USIA LANJUT DI PANTI JOMPO (Putri phounna, 2014)

HUBUNGAN LAMA TINGGAL DI PANTI DENGAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Adelya Suherlin, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FUNGSI KOGNITIF USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG KOTA BANDA ACEH (Zahriani Ulfa, 2015)

HUBUNGAN STATUS GIZI DAN ASUPAN ENERGI TOTAL DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA 9-17 TAHUN DI PANTI ASUHAN DI KOTA BANDA ACEH (Duma Sarah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy