//

PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN OE (OPEN ENDED/PROBLEM TERBUKA) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII MTS.N 8 PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SANTANIA DURA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dura, Santania. 2019. Pelaksanaan Strategi Pembelajaran OE (Open Ended/Problem Terbuka) Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTs.N 8 Pidie. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1 ) Drs.Mawardi, M.Hum., MA. (2) Nurasiah, S.Pd., M. Pd Kata Kunci : strategi pembelajaran open ended, prestasi belajar Penelitian yang berjudul Pelaksanaan Strategi Pembelajaran OE (Open Ended/Problem Terbuka) terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTs.N 8 Pidie ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh Strategi Pembelajaran Open Ended (OE) terhadap prestasi belajar IPS Siswa, dan (2) Untuk menjelaskan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar IPS siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Open Ended Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs.N 8 Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.N 8 Pidie yang berjumlah 96 orang dan terdiri dari 4 kelas, dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa dan kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes,wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) secara homogenitas kedua kelas yang dijadikan sampel bersifat homogen. Dapat diketahui dari hasil uji hipotesis dengan hasil perhitungan Fhitung ≤ Ftabel yakni Fhitung = 1,15 dan Ftabel = 2,00; (2) untuk uji normalitas kelas kontrol diperoleh X2 hitung = 7,42 dan X2 tabel =7,81 dan uji normalitas kelas eksperimen di peroleh X2 hitung = 7,085 dan X2 tabel =7,81, maka dapat dikatakan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal; (3) hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung = 4,57 dan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 ( uji dua pihak ) dengan dk = 46 adalah 1,68 dengan kriteria Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Open Ended dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Open Ended pada siswa kelas VIII MTs.N 8 Pidie adalah keterlibatan langsung siswa dalam proses pembelajaran, belajar dengan menggunakan strategi Open Ended dapat menumbuhkan ide kreatifitas untuk menyelesaikan permasalahan, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SMAN 1 BIREUEN (dahlia dara phonna, 2014)

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI KELAS VIII SMPN 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2014/2015 (MUTHMAINNAH, 2015)

TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN DAN PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI TIPE SOAL OPEN ENDED DI SMP (Rahmawati, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI MA ULUMUL QUR'AN BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (Nofiza Z, 2017)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LHOKNGA TAHUN AJARAN 2012/2013 (Afrina Sari , 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy