//

STUDI TINGKAT KEPEDULIAN MASYARAKAT BABAHROT DAN DAMPAK KERUSAKAN LINGKUNGAN AKIBAT PENAMBANGAN BIJI BESI DI KAWASAN PEGUNUNGAN KECAMATAN BABAHROT KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aris Gunawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Gunawan, Aris. 2018. Studi Tingkat Kepedulian Masyarakat Babahrot dan Dampak Kerusakan Lingkungan Akibat Penambangan Biji Besi di Kawasan Pegunungan Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Djufri M.Si., (2) Mimie Saputri, S.Pd., M.EEL Kata Kunci : Tingkat kepedulian, masyarakat, kerusakan lingkungan, biji besi. Penambangan biji besi merupakan salah satu kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Aktivitas penambangan biji besi juga berdampak buruk terhadap lingkungan dan dapat merusak lingkungan sekitar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepedulian masyarakat Babahrot terhadap lingkungan dan mengetahui dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan karena penambangan biji besi di kawasan pegunungan Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini bersifat observasi atau survei dengan meninjau langsung ke lokasi penelitian. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakanTeknik Purposive Sampling sebanyak 78 sampel dari 771 populasi. Kuesioner penelitian dianalisis menggunakan uji Validatas isi (Aiken’s validity) dan uji realibitas Alpha Chronbach’s >. Matriks AD Hoc menjadi acuan untuk melihat kerusakan lingkungan secara garis besar. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan kriteria persentase.Tingkat kepedulian masyarakat Kecamatan Babahrot 1.4% sedang, 15.3% sangat tinggi dan 83.3% tinggi. Sebagian besar masyarakat memiliki sikap kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan sebagian kecilnya memiliki sikap kepedulian sangat tinggi dan sedang terhadap lingkungan. Dampak kerusakan lingkungan yang terjadi akibat penambangan biji besi di kawasan pegunungan Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya terjadi di Gampong Ie Merah yaitu banjir, dan kekeringan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK BIJIH BESI DI KAWASAN BABAHROT, ACEH BARAT DAYA (Cut Yasinta, 2013)

DAMPAK KEHADIRAN PT.BUMI BABAHROT TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DUSUN ALUE ARA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Ita Mulyana, 2016)

ANALISIS ESTIMASI BIAYA DINDING PENAHAN TANAH PADA RUAS JALAN BABAHROT-BLANGKEJEREN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (BAMBANG ANWAR SADAT, 2017)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP DAMPAK PENAMBANGAN BATU AKIK (STUDI DI KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA) (Jamaril, 2018)

EKSPLORASI DAN KOLEKSI PLASMA NUTFAH TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Nurul Hidayati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy