//

PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Maysura Hanum - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Process Oriented guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 5 kelas dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII/1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 18 siswa dan kelas VIII/4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa. Pengumpulan sampel dilakukan dengan cara radom sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian Pre-Test dan Pos-Test. Hasil Pre-Test dan Pos-Test dari kedua kelas tersebut di uji normalitas dan uji homogenitas dan didapat hasil bahwa data keduanya terdistribusi normal dan homogen. Nilai Pos-Test di uji t. Adapun uji t yang digunakan yaitu uji pihak kanan dan diperoleh bahwa t_hitung>t_tabel (t_hitung=3,63>t_tabel=1,68). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu POGIL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi bahasan gelombang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Cut Maysura Hanum, 2019)

AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DI KELAS X IPA 1 MAN DARUSSALAM (Nuriyanti, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING RN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAHRN SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP RN NEGERI 8 BANDA ACEH (Nursafiah, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 1 MONTASIK (FARTIKA TARWIAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy