//

PERAN PERAWAT DALAM MENGENDALIKAN TINGKAT KEJADAIAN INFEKSI PHLEBITIS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hafiz Rahmad Abonda - Personal Name
SubjectPERSONNAL HYGIENE
PATIENTS' FAMILY
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Infeksi nosokomial atau saat ini lebih dikenal dengan Health-care Associated Infections (HAIs) adalah penyebab paling penting mortalitas dan morbiditas pasien di rumah sakit. Salah satu infeksi nosokomial yang sering didapatkan pasien di rumah sakit dari terapi intravena adalah phlebitis. Infeksi nosokomial yang disebabkan oleh petugas kesehatan termasuk perawat salah satunya, terjadi karena ketidak patuhan dalam penerapan prinsip standard precautions. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perawat sebagai perawat pelaksana dan perawat pendidik dalam mengendalikan tingkat kejadian infeksi phlebitis di ruang rawat inap Rumah Sakit Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian 313 perawat, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah 73 orang perawat pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Banda Aceh. Pengumpulan data mengunakan kuesioner dengan metode analisis univariat. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran perawat sebagai pelaksana berada pada kategori baik (69,9%) dan peran perawat sebagai pendidik berada pada kategori baik (72,6%). Sehingga dapat disimpulakan bahwa peran perawat sebagai pelaksana dan pendidik baik dalam mengendalikan tingkat kejadian infeksi phlebitis. Perawat pelaksana dan pendidik diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pengetahuannya dalam melakukan pencegahan infeksi phlebitis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA RUANG TERHADAP FIVE MOMENT FOR HAND HYGIENE PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Viona Delinda, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP PERAWAT DALAM PENERAPAN HAND HYGIENE DI RUANG RAWAT INAP MEDIKAL BEDAH RSUD MEURAXA BANDA ACEH (FIYA IRMA SAFIYA, 2019)

HUBUNGAN MOTIVASI PERAWAT DENGAN UPAYA PENCEGAHAN INFEKSI NOSOKOMIAL DI RUANG RAWAT INAP SEURUNE I, PICU DAN NICU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (ERMANITA, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PATIENT SAFETY DENGAN MEDICATION ADMINISTRATION ERRORS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Putri Indah Mentari, 2016)

HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN BURNOUT PADA PERAWAT RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Dewi Yulianti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy