//

GAMBARAN KEBIASAAN TIDUR PADA ANAK YANG DI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI KHAIRRUN NISA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Istirahat dan tidur yang adekuat merupakan hal yang penting dalam pertumbuhan anak dan kesembuhan dari sakit. Anak yang tidak terbiasa dengan kondisi rumah sakit akan banyak mengalami kesulitan dalam penyembuhan. Lingkungan rumah sakit dapat menyebabkan stress dan kecemasan sehingga mempengaruhi kebutuhan tidur dan memperlambat penyembuhan penyakit, sedangkan anak yang sedang sakit membutuhkan istirahat dan tidur yang cukup. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kebiasaan tidur pada anak yang di rawat inap. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain deskriptif dan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 63 orang. Teknik pengambilan sampel convenience sampling, berjumlah 63 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner CSHQ dalam bentuk skala likert three-point yang berjumlah 33 pertanyaan. Metode analisis data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan tidur pada anak yang di rawat inap di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh berada pada kategori gangguan yaitu 56 orang (88,9%) anak dengan kebiasaan tidur yang mengalami gangguan selama di rawat di rumah sakit. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepada perawat, dokter, dan petugas medis lainnya agar lebih memperhatikan kebiasaan tidur anak dan kepada pelayanan kesehatan diharapkan selalu menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman bagi anak selama di rumah sakit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013)

GAMBARAN STATUS GIZI AWAL BALITA RAWAT INAP DI RUANG ANAK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Risya Firlana, 2015)

HUBUNGAN LAMA RAWAT INAP DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA 8 - 11 TAHUN DI BANGSAL ANAK RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (MURTAZA, 2015)

HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN BURNOUT PADA PERAWAT RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Dewi Yulianti, 2015)

EVALUASI RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK DI RUANG RAWAT INAP ANAK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN DENGAN KATEGORI GYSSENS TAHUN 2018 (RISQULLAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy