//

PROFIL PENGHUNI PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmad Wijaya - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmad, Wijaya. 2018. Profil Penghuni Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Erna Hayati, S.H., M.Hum (2) Dr. Saiful, S.Pd., M.Si Kata Kunci: panti jompo, penghuni panti jompo Penelitian ini berjudul: Profil Penghuni Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana profil penghuni Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil penghuni Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observaasi, Teknik wawancara, dan dokuentasi. Lokasi penelitian terletak Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan enarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah lansia di Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil penghuni Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh. Rata – rata penghuni panti 51 tahun ssapai 92 tahun. Pendidikan penghuni panti ada yang tidak bersekolah, ada yang berpendidikan SD, SMP, dan SMA. Penelitian ini menunjukkan bahwa riwayat kesehatan penghuni panti, meliputi asam urat, rematik, asam lambung dan penyakit ringan lainnya yang tidak menular. Penghuni panti sendiri sebagian besar masih memiliki sanak saudara dan anak, namun beberapa penghuni hidup sebatang kara sebelum tinggal di panti. Pada umumnya penghuni panti yang dititipkan berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi. Persyaratan calon keluarga binaan di panti jompo harus berumur 60 tahun ke atas (masih sanggup menggurus diri sendiri) laki – laki dan perempuan, sehat jasmani dan rohani (tidak mengidap penyakit menular) di sertai surat keterangan dokter, menyertakan surat miskin atau tidak mampu dari kepala desa setempat, menyertakan surat persetujuan anak atau wali, sanggup mengikuti peraturan atau tata tertib yang berlaku di panti, menyertakan pas foto 3 x 4 sebanyak 3 lembar, photo copy ktp 2 lembar, dan lulus seleksi yang dilaksanakan oleh panitia. Saran dalam penelitian ini bagi lansia untuk dapat mengetahui persyaratan calon keluarga binaan di panti jompo. Bagi lansia yang dititipkan ke panti jangan merasa terbuang atau di kucilkan oleh keluarga, karena mungkin tinggal di panti ini jauh lebih baik daripada tinggal dirumah bersama keluarga, selalu bersyukur dan menikmati masa tua bersama penghuni panti yang lain dengan rasa senang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ADAPTASI SOSIAL LANSIA DI PANTI JOMPO UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG GAMPONG LAMGLUMPANG KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (NANDA MUSTIKE, 2018)

PENERIMAAN MANULA TERHADAP MENU MAKANAN DI PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Maya Aprilita, 2017)

GAMBARAN STRESSOR PADA LANSIA YANG TINGGAL DI RUMAH BERSAMA KELUARGA DAN DI UPTD (UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2012 (ZUHAIRA F, 2014)

HUBUNGAN DERAJAT DEPRESI TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA DI UPTD PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Cut Harvina, 2015)

HUBUNGAN LAMA TINGGAL DI PANTI DENGAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Adelya Suherlin, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy