//

PENGELOLAAN SARANA PRAKTIK SISWA SMK NEGERI DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAINAL ABIDIN - Personal Name
SubjectSCHOOL MANAGEMENT
SCHOOL FACILITIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

PENGELOLAAN SARANA PRAKTIK SISWA SMK NEGERI DI KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Zainal Abidin NPM: 1509200050013 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Murniati, AR, M. Pd. 2. Dr. Bahrun, M. Pd. ABSTRAK Dalam pelaksanaan manajemen sekolah tentang sarana praktik, proses manajemen dan koordinasi antara sekolah, guru bidang studi dan dinas sangat penting dilakukan untuk proses manajemen yang terarah, efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan sarana praktik siswa pada SMK Negeri yang berkaitan dengan perencanaan, pengadaan, penggunaan, inventaris, pemeliharaan dan proses penghapusan sarana praktik yang ada di SMK Negeri 1 Jantho dan SMK Negeri 1 Darul Kamal, Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah, wakil Kepala Sekolah, kepala program keahlian, kepala bengkel dan guru produktif yang ada di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses perencanaan yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Jantho dan SMK Negeri 1 Darul Kamal sudah dilakukan sesuai dengan kebutuhan (2) Pengadaan sarana praktik siswa di SMK Negeri 1 Jantho dan SMK Negeri 1 Darul Kamal sudah dilakukan dengan proses yang benar. Semua Personil yang ada di sekolah terlibat secara aktif dalam dalam proses perencaan dan pengadaan alat praktik siswa; (3) SMK Negeri 1 Kota Jantho dan SMK Negeri 1 Darul Kamal sudah melakukan penggunaan peralatan praktik sesuai dengan prosedur. Hal itu mulai dari persiapan alat, penggunaan alat, pembersihan dan penyimpanan; (4) SMK Negeri 1 Jantho dan SMK Negeri 1 Darul Kamal sudah melakukan inventarisasi perlengkapan yang ada di sekolah dengan baik dan benar; (5) pemeliharaan sarana praktik siswa di SMK Negeri 1 Jantho dan SMK Negeri 1 Darul Kamal memiliki beberapa kekurangan antara lain kurangnya tenaga pemeliharaan yang ada di sekolah karena tidak ada dana untuk merekrut tenaga khusus; dan (6) dari dua sekolah tempat penelitian dilakukan, belum pernah ada data barang yang dihapus. SMK Negeri 1 Jantho tidak menghapus barang yang tidak digunakan lagi karena belum menerima tata cara dan prosedur penghapusan barang dari pihak dinas pendidikan di Aceh Besar, sedangkan SMK Negeri 1 Darul Kamal tidak menghapus barang yang rusak karena prosesnya yang rumit. Kata Kunci: Pengelolaan, Sarana Praktik, SMK

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGELOLAAN SARANA PRAKTIK SISWA SMK NEGERI DI KABUPATEN ACEH BESAR (ZAINAL ABIDIN, 2019)

ANALISIS KEBUTUHAN SEKOLAH SIAGA BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI PADA SD NEGERI KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (Samudra Hus, 2017)

MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 1 RNMUTIARA KABUPATEN PIDIE (Suhaimi Bakri, 2014)

PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ANTARA SISWA KELAS III PENDIDIKAN REGULER SMAN 3 BANDA ACEH DAN SISWA PENDIDIKAN ASRAMA SMAN 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH TAHUN 2014 (zaki rusmana putra, 2014)

MANAJEMEN KESISWAAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI COT GUE KABUPATEN ACEH BESAR (Fadhilah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy