//

DAYA ADAPTASI BEBERAPA VARIETAS PADI GOGO (ORYZA SATIVA L) PADA TINGKAT NAUNGAN YANG BERBEDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Hafni - Personal Name
SubjectRICE - FOOD CROP
VARIETIES - AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Agroekoteknologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Teuku Hafni. 1309200190028. Daya adapatasi beberapa varietas padi gogo (Oryza sativa L) pada tingkat naungan yang berbeda, di bawah bimbingan Sabaruddin Zakaria sebagai pembimbing ketua dan Elly Kesumawati sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dan produksi beberapa varietas padi gogo pada kondisi naungan yang berbeda. Penelitian dilakukan di Kecamatan Indrajaya Kabupaten Pidie dari bulan Mei sampai Agustus 2015. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Perlakuan Petak Terpisah (Split Plot), dengan 3 ulangan. Terdapat dua faktor yang diteliti yaitu faktor naungan dan varietas. Faktor naungan menjadi petak utama dan faktor varietas sebagai anak petak, Faktor naungan terdiri dari 3 taraf perlakuan yaitu tanpa Naungan (0%), naungan 25 %, naungan 50 %, sedangkan faktor varietas padi terdiri atas 5 yaitu Situpatenggang Batutegi, Inpago-8, Inpago-4, dan Inpago-5. Dengan demikian terdapat 15 kombinasi perlakuan dengan 45 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan varietas berpengaruh sangat nyata terhadap Kandungan klorofil a, a/b tinggi tanaman umur 6, dan 8 minggu setelah tanam, jumlah anakan per rumpun umur 4 MST, luas daun umur 8 dan 10 MST, umur berbunga, panjang malai, berat bobot 1000 butir, jumlah gabah berisi, jumlah gabah hampa, berat gabah per rumpun dan potensi hasil per ha-1. Naungan yang berbeda berpengaruh nyata terhadap kandungan klorofil b serta berpengaruh sangat nyata terhadap kandungan klorofil a/b, tinggi tanaman umur 4, 6, 8 MST, jumlah anakan umur 4, 6, 8 MST, luas daun umur 8 dan 10 MST, umur berbunga, jumlah anakan produktif, panjang malai, berat 1000 butir, jumlah gabah berisi, jumlah gabah hampa, berat gabah per rumpun dan potensi hasil per ha-1. Terdapat Interaksi yang nyata antara varietas dan naungan terhadap jumlah anakan umur 6 MST, jumlah anakan produktif, dan bobot 1000 butir, serta terdapat interaksi yang sangat nyata terhadap luas daun umur 8, 10 MST, umur berbunga, jumlah gabah berisi per malai, Jumlah gabah hampa per malai, berat gabah per rumpun dan potensi hasil per ha-1. Varietas situpatenggang merupakan varietas yang terbaik pada tingkat naungan 25% dengan produktivitas tertinggi, sedangkan varietas inpago-4 toleran terhadap naungan 50%. Naungan 25% merupakan tingkat naungan yang masih sesuai untuk budi daya tanaman padi gogo. Kata Kunci : Varietas Padi Gogo, Naungan, Paranet

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAYA ADAPTASI BEBERAPA VARIETAS PADI GOGO (ORYZA SATIVA L) PADA TINGKAT NAUNGAN YANG BERBEDA (Teuku Hafni, 2019)

PENGARUH VARIETAS DAN DOSIS PUPUK FOSFAT TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) (Nurul Munajad, 2013)

PENDUGAAN NILAI HERITABILITAS KARAKTER TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) GENERASI F2 (ALIYUL QADRI, 2018)

PARAMETER GENETIK BEBERAPA VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) PADA KONDISI MEDIA BERBEDA (FITRAH RAMADHAN, 2014)

APLIKASI AGEN HAYATI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT HAWAR DAUN BAKTERI PADA BEBERAPA VARIETAS PADI SAWAH (Seri Yanti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy