//

PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP SISWA SMA BOARDING SCHOOL DENTAL NON-BOARDING SCHOOL DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WENI YUPITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Lingkungan tempat tinggal merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan siswa SMA. Dalam sehari siswa SMA lebih banyak menghabiskn waktu di lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah dapat dibedakan menjadi boarding school dan non-boarding school. Selain itu, lingkungan juga menjadi salah satu aspek yang dapat mempengaruhi kualitas hidup. Aspek lainnya yaitu kesehatan fisik, psikologis, dan sosial. Jika salah satu aspek tersebut terganggu maka akan mempengaruhi kualitas hidup siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kualitas hidup antara siswa SMA boarding school dengan non-boarding school di Banda Aceh. Jenis Penelitian ini adalah analitik obeservasional dengan desain cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di dua SMA yang berbeda di Banda Aceh. Hasil Penelitian setelah dilakukan analisis data menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan terdapatnya perbedaan yang signifikan antara kualitas hidup siswa SMA boarding school dengan non-boarding school dengan (p < 0,05). Hasil uji yang diperoleh yaitu (p value = 0,002) untuk kualitas hidup berdasarkan aspek kesehatan fisik, (p value = 0,001) untuk aspek psikologis, (p value = 0,004) untuk aspek sosial, dan (p value = 0,036) untuk aspek lingkungan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas hidup siswa SMA boarding school dengan non-boarding school di Banda Aceh berdasarkan aspek kesehatan fisik, sosial, psikologis, dan lingkungan. Kata kunci: Kualitas Hidup, Siswa Boarding School, Siswa Non-Boarding School

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP SISWA SMA BOARDING SCHOOL DENTAL NON-BOARDING SCHOOL DI BANDA ACEH (WENI YUPITA, 2019)

PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ANTARA SISWA KELAS III PENDIDIKAN REGULER SMAN 3 BANDA ACEH DAN SISWA PENDIDIKAN ASRAMA SMAN 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH TAHUN 2014 (zaki rusmana putra, 2014)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR PADA SISWA BOARDING SCHOOL DI SMAN 10 FAJAR HARAPAN KOTA BANDA ACEH (MAULIDA INTAN, 2015)

PERBEDAAN SIKAP TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA SISWA SMA UMUM DAN SISWA SMA BOARDING SCHOOL DI BANDA ACEH (Devi Marlinda, 2016)

PERSEPSI TOKOH MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN BOARDING SCHOOL DI KOTA BANDA ACEH (Fazilah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy