//

PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS ETNOSAINS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rima Mailati As - Personal Name
SubjectSTUDY, METHOD OF
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

iii ABSTRAK Mailati AS, Rima. 2018. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Etnosains dalan Proses Belajar Mengajar. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Nurul Wati, M.Pd (2) Dr. Abdul Halim, M.Si Kata Kunci: Modul, Etnosains, Pesawat Sederhana Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kelayakan modul fisika berbasis etnosains dalam meningkatkan hasil belajar siswa, ada/tidaknya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul fisika berbasis etnosains, dan respon siswa terhadap menggunakan modul fisika berbasis etnosains. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-2 dan 2 orang guru IPA yang ada di SMP 7 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket validasi kelayakan modul, tes kemampuan awal siswa dan tes kemampuan siswa setelah kegiatan pembelajaran menggunakan modul berbasis etnosains, dan angket respon tanggapan guru dan siswa terhadap modul fisika berbasis etnosains. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, lembar penilaian modul, angket guru dan siswa adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil dari validitas ahli dan validitas pengguna adalah 80% dan 81%, dengan demikian hasil penelitian validasi ahli dan validasi pengguna menghasilkan suatu produk berupa modul pembelajaran fisika berbasis etnosains materi pesawat sederhana dengan tingkat validitas sangat valid. Hasil respon siswa menunjukkan bahwa pada pernyataan positif siswa merespon positif sebanyak 96,2 % dan pada pernyataan negatif, siswa merespon negatif sebesar 85,5%. Hal itu menunjukkan bahwa siswa memberi respon baik pada seluruh aspek yang dimunculkan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ETNOSAINS PADA SISWA SMA NEGERI SEMADAM KABUPATEN ACEH TENGGARA (Weni Sari, 2018)

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSN BANDA ACEH (AINOL MARDIYAH, 2019)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MAN DARUSSALAM (Aynani Tajrian, 2015)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUHU DAN KALOR BERBASIS MASALAH UNTUK SMA DALAM UPAYA RNMENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (Izkar hadiya s.si, 2015)

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SEL ELEKTROKIMIA (, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy