//

PENGARUH VARIETAS DAN DOSIS PELET TRICHODERMA HARZIANUM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI CABAI (CAPSICUM ANNUUM L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Fitria - Personal Name

Abstrak/Catatan

EKA FITRIA. Pengaruh Varietas dan Dosis Pelet T. harzianum Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Cabai (Capsicum annuum. L), di bawah bimbingan Elly Kesumawati sebagai pembimbing ketua dan Bakhtiar sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh varietas dan dosis pelet T. harzianum serta interaksi keduanya terhadap pertumbuhan dan produksi cabai. Penelitian ini dilaksanakan di desa Lamreung Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar mulai bulan Februari sampai dengan Juli 2017. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial. Perlakuan yang diteliti adalah faktor varietas cabai (V) yang terdiri atas V1 (Lado); V2 (Kencana); V3 (Bemeri); V4 (Kopay) dan dosis T. harzianum (T) yang terdiri atas T0 (Kontrol); T1 (10 g/tanaman T. harzianum); T2 (15 g/tanaman T. harzianum); T3 (20 g/tanaman T. harzianum). Parameter yang yang diamati adalah tinggi tanaman, lebar kanopi, jumlah cabang, diameter batang, panjang daun, lebar daun, panjang akar, berat brangkasan basah, berat brangkasan kering, jumlah buah panen, berat buah per tanaman, berat per buah, panjang buah, dan diameter buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan varietas berpengaruh sangat nyata terhadap rata-rata tinggi tanaman (20, 40, dan 60 HST), lebar kanopi (20, 40, dan 60 HST), berat brangkasan basah, berat brangkasan kering, panjang buah, dan diameter buah. Varietas berpengaruh nyata terhadap rata-rata panjang daun dan rata-rata panjang akar, namun tidak berpengaruh nyata terhadap rata-rata jumlah cabang (20, 40, dan 60 HST), diameter batang (20, 40, dan 60 HST), lebar daun, berat segar akar, berat kering akar, jumlah buah panen, berat buah per tanaman, dan berat per buah. Pertumbuhan dan produksi cabai terbaik dijumpai pada varietas Lado. Dosis T. harzianum berpengaruh sangat nyata terhadap rata-rata panjang akar dan berpengaruh nyata terhadap rata-rata berat brangkasan kering. Dosis T. harzianum tidak berpengaruh nyata terhadap rata-rata tinggi tanaman (20, 40, dan 60 HST), lebar kanopi (20, 40, dan 60 HST), jumlah cabang (20, 40, dan 60), diameter batang (20, 40, dan 60 HST), panjang daun, lebar daun, berat brangkasan basah, berat segar akar, berat kering akar, jumlah buah panen, berat buah per tanaman, berat per buah, panjang buah dan diameter buah. Rata-rata panjang akar dan berat brangkasan kering terbaik dijumpai pada perlakuan 20 g/tanaman T. harzianum. Kata Kunci : cabai, pelet T. harzianum, varietas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMBINASI BEBERAPA DOSIS DAN SPESIES TRICHODERMA FORMULASI PELET DALAM MENEKAN PERKEMBANGAN JAMUR FUSARIUM OXYSPORUM F.SP CAPSICI DI PEMBIBITAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L. ) (Frara Efeseli Fakhdian, 2018)

EFIKASI DOSIS PELET TRICHODERMA HARZIANUM DALAM MENEKAN SERANGAN PENYAKIT BUDOK (SYNCHYTRIUM POGOSTEMONIS) PADA TANAMAN NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH.) (Tiara Kusuma Pertiwi, 2017)

POTENSI DAUN KATUK DAN LAMTORO SEBAGAI NUTRISI CENDAWAN TRICHODERMA SP. PADA PELET MEDIA TUMBUH DALAM MENEKAN PERTUMBUHAN PATOGEN TULAR TANAH (Zikriah, 2016)

PENGARUH DOSIS MIKORIZA GIGASPORA SP. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS CABAI (CAPSICUM ANNUUM L.) PADA TANAH ENTISOL (Desi Novianti, 2017)

PERLAKUAN BIOPRIMING KOMBINASI AIR KELAPA MUDA DAN TRICHODERMA TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH CABAI KADALUARSA (CAPSICUM ANNUUM L.) (Vina Maulidia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy