//

PERSEPSI GURU PAMONG PENJAS TERHADAP PERUBAHAN MATA KULIAH PPL MENJADI MATA KULIAH MAGANG DI SMP KOTA BANDA ACEH TAHUN 2018

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IDAMANSYAH - Personal Name
SubjectTEACHER
PRACTICE TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Idamansyah, 2018. “Persepsi Guru Pamong Penjas Terhadap Perubahan Mata Kuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL) Menjadi Mata Kuliah Magang Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Banda Aceh”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Amiruddin, M.Kes., (2) Ifwandi, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci: Persepsi, Guru Pamong, mata kuliah PPL, mata kuliah Magang. Dalam rangka menciptakan calon guru yang profesional pihak FKIP Unsyiah memberikan bimbingan kepada mahasiswa salah satunya ialah melaksanakan PPL yang merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa dengan memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk melaksanakan profesi sebagai seorang guru langsung di sekolah dan persiapan penyelenggaraan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Dikarenakan berbagai kekurangan pada PPL maka tahun 2016 digantikan dengan mata kuliah Magang yang terdiri dari Magang I, II dan III yang bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa mengenai dunia profesi guru dengan cara memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengalami secara langsung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Perubahan mata kuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL) menjadi mata kuliah Magang ini tentu mendapat pandangan yang beragam dari berbagai kalangan salah satunya ialah guru Pamong Penjas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pamong Penjas terhadap perubahan mata kuliah PPL menjadi mata kuliah Magang di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 19 orang guru Penjas sedangkan sampel juga berjumlah 19 orang guru Pamong Penjas yang diambil dengan teknik total sampling. Data dalam penelitian ini bersumber dari hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa guru Pamong Penjas yang ada di SMP se-Kota Banda Aceh berpersepsi pergantian mata kuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL) menjadi mata kuliah Magang merupakan suatu kebijakan yang baik. Hal ini dikarenakan prosedur yang terdapat pada mata kuliah Magang lebih efektif dari pada mata kuliah PPL baik dilihat dari tugas-tugas yang diberikan kepada peserta latihan dan praktik administrasi akademik seperti Silabus, RPP, Daftar Nilai, KKM, Buku Pedoman Guru dan Siswa. Selain itu persiapan peserta latihan, pembinaan kepada mahasiswa latihan dan aspek-aspek yang dinilai pada Mata Kuliah Magang juga jauh lebih baik dari pada Mata Kuliah PPL. Pada mata kuliah Magang penilaian diberikan secara berkelanjutan dari Magang I, II dan III, sedangkan pada Mata Kuliah PPL penilaian diberikan tidak berkelanjutan, yakni saat mau berakhirnya masa PPL.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN MATA KULIAH MAGANG I MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Arif Gunawan Syarwan, 2018)

KORELASI NILAI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) DAN EVALUASI PENGAJARAN FISIKA (EPF) DENGAN NILAI MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN FISIKA (PPF) PADA MAHASISWA JURUSAN FISIKA FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014 (Sri Ulina, 2018)

HUBUNGAN DAN PENGARUH NILAI MATA KULIAH PRASYARAT TERHADAP NILAI MATA KULIAH MEKANIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Caca Candra Kirana, 2018)

HUBUNGAN AFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP NILAI MATA KULIAH KIMIA FISIK I RNPADA MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA TAHUN MASUK 2011 RNFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siti Rahmah, 2014)

PENGARUH NILAI MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA I TERHADAP NILAI MATA KULIAH LISTRIK MAGNET MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014 (TEUKU MUHAMMAD HARY RAMADHAN, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy