//

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Aria Mustika - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Desi Aria Mustika (2018). Pemahaman Matematis dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Integral Pemahaman matematis dan self-efficacy merupakan hal yang harus diperhatikan dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Namun berdasarkan studi awal di SMAN 1 Delima kedua hal tersebut masih rendah. Model pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan pemahaman matematis serta self-efficacy siswa yaitu model pembelajaran Quantum Teaching. Melalui model pembelajaran Quantum Teaching, guru diharapkan mampu memotivasi siswa pada tahap tumbuhkan sehingga siswa dapat mengalami dan menamai sendiri konsep yang akan dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman matematis dan self-efficacy siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching, serta korelasi antara pemahaman matematis dan self-efficacy siswa yang difasilitasi model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Delima. Hasil pemilihan sampel secara acak, terpilih kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini yaitu tes pemahaman matematis dan angket self-efficacy siswa. Peningkatan pemahaman matematis dan self-efficacy siswa yang difasilitasi model pembelajaran Quantum Teaching dianalisis dengan menggunakan uji t. Sementara itu untuk melihat korelasi antara pemahaman matematis dan self-efficacy siswa digunakan uji korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) peningkatan pemahaman matematis siswa yang difasilitasi model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari siswa yang difasilitasi pembelajaran konvensional, (2) self-efficacy siswa yang difasilitasi model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari siswa yang difasilitasi pembelajaran konvensional, (3) terdapat korelasi dengan kategori rendah antara pemahaman matematis dan self-efficacy siswa yang difasilitasi model pembelajaran Quantum Teaching. Model pembelajaran quantum teaching dapat diterapkan guru untuk meningkatkan pemahaman dan self-efficacy siswa pada materi integral. Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Pemahaman Matematis, Self-Efficacy

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)

PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy