//

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KALIBRATOR PENDETEKSI ION MERKURI (II) TERLARUT MENGGUNAKAN SENSOR WARNA TCS3200 BERBASIS DATA CITRA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fakhry Ananda Sijabat - Personal Name
Fakultas Fakultas mipa
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Merkuri telah dibuat dan dikalibrasi menggunakan sebuah perangkat untuk mendeteksi ion merkuri(II) terlarut sebagai racun berbahaya menggunakan sensor warna Arduino Uno TCS3200. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk mengaplikasikan perangkat dalam mendeteksi ion merkuri (II) terlarut terhadap pencemaran logam berat berdasarkan pada hubungan konsentrasi ion merkuri terlarutkan dengan cairan dari data citra. Menggabungkan bencana alam dan teknologi seperti Merkurius dapat menimbulkan risiko besar bagi daerah yang tidak siap menghadapi bencana semacam itu. Dampaknya bisa menjadi bencana lingkungan, terutama ketika ini terjadi di daerah yang sangat padat penduduk. Mengendalikan kadar ion merkuri terlarut secara teratur merupakan bagian dari manajemen bencana lingkungan. Perangkat ini bekerja dengan mengubah cahaya yang diterima sensor optik fotodioda ketika outputnya berupa arus listrik yang sebanding dengan tingkat warna cahaya yang diterima. Arus kemudian diproses menggunakan perangkat lunak Arduino IDE untuk mengekstraksi nilai RGB dari data citra ion merkuri(II) terlarut. Ion merkuri terlarut umumnya tidak memiliki warna oleh karena itu diperlukan biokatalis sebagai reagen untuk menghasilkan warna dalam larutan yang mengandung merkuri dan penelitian ini menggunakan Silver Nanopartikel. Setelah direaksikan dengan larutan diketahui konsentrasi merkuri dalam nilai larutan kemudian dilakukan pada pengumpulan data sampel untuk menentukan nilai warna RGB dalam larutan. Secara umum, perangkat ini dapat digunakan sebagai kalibrator warna yang digunakan untuk mendeteksi ion merkuri terlarut (II) oleh data citra yang diperoleh. Kata Kunci: Ion merkuri(II), bahaya racun, bencana lingkungan, TCS3200, arduino uno

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN ALAT PENDETEKSI KEBOCORAN GAS LPG MENGGUNAKAN SENSOR TGS 2610 (Amalia Irma, 2016)

PEMBUATAN SENSOR UNTUK MENDETEKSI ION MERKURI (II) DALAM AIR BERBASIS RHODAMIN B DENGAN KITOSAN SEBAGAI PENYANGGA (Della Kharisma, 2017)

RANGKAIAN PENGAMAN LISTRIK DARI KEBOCORAN DINI GAS LPG (habibi, 2014)

RANCANG BANGUN MOBILE ROBOT PEMINDAH MATERIAL TIPE STEERING DIPANDU SENSOR WARNA SEBAGAI LINTASAN PERGERAKAN (Nurzahri, 2018)

KARAKTERISASI KEMATANGAN BUAH KOPI (COFFEA) BERDASARKAN WARNA KULIT KOPI MENGGUNAKAN HISTOGRAM DAN MOMEN WARNA (Hendri Syahputra, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy