//

PERBEDAAN KEKUATAN TARIK ANTARA WIRE ORTODONTI CEKAT NITI ALLOY (DITINJAU DARI RNMEREK YANG BERBEDA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HIJRIA MARDHILLLA PIDADA - Personal Name
SubjectORTHODONTICS-DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteraan Gigi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Wire ortodonti merupakan alat ortodonti yang akan menghasilkan gaya untuk menggerakkan gigi pada perawatan ortodonti. Wire ortodonti NiTi alloy lebih banyak digunakan pada perawatan ortodonti karena sifat superelastisitas dan efek shape memory yang dimilikinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan nilai kekuatan tarik antara wire ortodonti NiTi alloy ditinjau dari merek yang berbeda. Diameter wire yang digunakan adalah 0,014 inchi dengan panjang wire 150 mm. Penelitian ini terdiri dari 4 kelompok merek wire yang berbeda, dengan jumlah spesimen 24 spesimen (n=6). Pengujian tensile strength dari masing masing wire menggunakan alat Universal Testing Machines (UTM) dengan kecepatan crosshead 20mm/menit. Hasil uji yang diperoleh dengan nilai tensile strength tertinggi ditunjukkan oleh wire merek ClassOne 1403,65 MPa, NiTi Superelastics dengan nilai 1400,58 MPa, wire merek Masel dengan nilai 1392,25 MPa, dan nilai terendah ditunjukkan oleh wire merek All Star 1175,13 MPa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara statistik menggunakan One Way ANOVA. Hasil analisa statistik menunjukkan nilai p>0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara keempat kelompok wire dengan merk yang berbeda. Kesimpulannya tidak terdapat perbedaan nilai tensile strength antara keempat kelompok wire ortodonti NiTi alloy ditinjau dari merek yang berbeda.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN NILAI TENSILE STRENGTH ARCH WIRE ORTODONTI NICKEL TITANIUM (NITI) ALLOY DAN STAINLESS STEEL ALLOY (Aswansyah Putra, 2014)

GAMBARAN AKUMULASI PLAK MAHASISWI PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MEMAKAI RNPIRANTI ORTODONTI CEKAT RNANGKATAN 2007-2010 (Nurmasyitah Iskandar Putri, 2014)

PERBANDINGAN LAJU ALIRAN SALIVA PADA PASIEN DENGAN DAN TANPA PIRANTI ORTODONTI CEKAT PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH (Syah Fitri Sari Nasution, 2017)

PENGETAHUAN TENTANG PEMELIHARAAN PEMAKAIAN ALAT ORTODONTI CEKAT PADA SISWA-SISWI SMA NEGERI 4 KOTA BANDA ACEH (putri shamira, 2014)

GAMBARAN KLINIS GINGIVA PADA PENGGUNA ORTODONTI CEKAT USIA REMAJA (DITINJAU DARI GINGIVAL INDEX (GI) (STUDI PADA TIGA SMAN KOTA BANDA ACEH) (RIFA SILVIA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy