//

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (SOLANUM MELONGENA L.) PADA BERBAGAI DOSIS BAHAN ORGANIK DAN KOMBINASI PUPUK N, P, DAN K

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tajul Rina - Personal Name
SubjectORGANIC FERTILIZERS
EGG PLANT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis bahan organik dan kombinasi pupuk N, P dan K terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung. Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan sektor selatan, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, yang telah berlangsung dari bulan Desember sampai dengan April 2017. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 4x4 dengan tiga ulangan. Faktor yang diteliti yaitu dosis bahan organik yang terdiri dari 4 taraf yaitu kontrol, tanah + pupuk kandang (80% : 20%), tanah + pupuk kandang (60% : 40%), tanah + pupuk kandang (40% : 60%). Faktor kedua yaitu kombinasi pupuk N, P dan K terdiri atas 4 taraf yaitu kontrol, urea 100 kg + SP36 50 kg + KCl 25 Kg/ha, urea 200 kg + SP36 100 kg + KCl 50 kg/ha, urea 300 kg + SP36 150 kg + KCl 75 kg/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis bahan organik berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 30 dan 45 HSPT, diameter batang umur 15, 30 dan 45 HSPT, jumlah daun umur 15, 30 dan 45 HSPT, jumlah buah tanaman terung, panjang buah terung, diameter buah terung, berat buah terung, berat berangkasan basah dan berat berangsan kering. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kombinasi pupuk N, P dan K berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 30 HSPT, diameter batang umur 15, 30 dan 45 HSPT, jumlah daun umur 15, 30 dan 45 HSPT, jumlah buah pertanaman, panjang buah pertanaman, diameter buah pertanaman, berat buah terung, berat berangkasan basah dan berat berangkasan kering. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pertumbuhan dan hasil tanaman terung dipengaruhi oleh interaksi yang sangat nyata terhadap parameter tinggi tanaman umur 30 HSPT, diameter buah terung, berat buah terung, dan berat berangkasan kering. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara dosis bahan organik dan kombinasi pupuk N, P dan K terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung. Interaksi antara perlakuan dosis bahan organik 40% (D2) dengan kombinasi pupuk N 200 kg, P 100 kg dan K 50 kg/ha (K2) merupakan kombinasi perlakuan terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman terung. Kata kunci: Terung, Bahan organik, Kombinasi pupuk N, P dan K

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI DOSIS ARANG KOMPOS BIOAKTIF DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (SOLANUM MELONGENA L.) (CUT NUR MAULIZA SATTARI, 2016)

PENGARUH JENIS MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG UNGU (SOLANUM MELONGENA L.) (Lilis Marhawi, 2015)

PEMBERIAN JENIS PUPUK YANG TEPAT UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TERUNG (SOLANUM MELONGENA (ezha dinda meriazha, 2013)

PENGARUH KOMBINASI PUPUK ORGANIK DAN ANORGANIK TERHADAP HASIL KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) DI KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (Dara Maulina, 2013)

PENGARUH KONSENTRASI PUPUK PLANT CATALYST 2006 TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS TERUNG (SOLANUM MELONGENA L.) (SYARIFUDDIN, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy