//

PERBANDINGAN KADAR LEUKOSIT PADA KETUBAN PECAH DINI KEHAMILAN ATERM DAN PRETERM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fathia Yashinta - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ketuban pecah dini (KPD) merupakan salah satu masalah penting dibidang obstetri karena dapat meningkatkan mortalitas dan morbiditas maternal maupun perinatal. Pecahnya selaput ketuban diduga berkaitan dengan perubahan proses biokimia yang terjadi di dalam kolagen matriks ekstraselular amnion dan korion yang diperantarai oleh leukosit. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan kadar leukosit pada ketuban pecah dini kehamilan aterm dan preterm. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik komparatif dengan rancangan cross-sectional. Data diperoleh dari rekam medis 51 ibu hamil dengan ketuban pecah dini usia kehamilan aterm dan preterm dengan metode consecutive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada ketuban pecah dini usia kehamilan aterm 17,65% leukositosis dan 50,97% normal sedangkan pada ketuban pecah dini usia kehamilan preterm didapatkan 7,85% leukositosis dan 23,53% normal. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan t-test Independent, p value sebesar 0,310 (p>0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kadar leukosit pada ketuban pecah dini kehamilan aterm dan preterm. Kata kunci : Ketuban Pecah Dini, Leukosit

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KETUBAN PECAH DINI DENGAN PERSALINAN PREMATUR DI RUMAH SAKIT UMUM DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Irma Yanti, 2015)

HUBUNGAN PARITAS DAN USIA IBU DENGAN KETUBAN PECAH DINI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Faradila Afrianti, 2014)

INSIDENSI INFEKSI SALURAN KEMIH PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI POLI KEBIDANAN DAN KANDUNGAN RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ade Irmaiyanti, 2017)

HUBUNGAN KEJADIAN ASFIKSIA NEONATORUM DENGAN SKOR NEW BALLARD PADA BAYI BARU LAHIR DI RSUDZA BANDA ACEH (Ayu Azrina, 2016)

HUBUNGAN USIA, PARITAS, DAN USIA KEHAMILAN DENGAN KEGAGALAN INDUKSI PERSALINAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH (Indra Patria, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy