//

PERBANDINGAN STATUS GIZI BERDASARKAN TINGGI BADAN, INDEKS MASSA TUBUH DAN ANGKA KECUKUPAN GIZI PADA ANAK USIA SEKOLAH DAERAH PESISIR DENGAN NON PESISIR DI KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Iqbal S - Personal Name
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Gizi merupakan salah satu permasalahan umum yang sedang terjadi dibeberapa negara berkembang termasuk Indonesia dengan masalah kekurangan gizi. Kekurangan gizi menyebabkan kegagalan pertumbuhan yang di dapat dilihat dari berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh dan angka kecukupan gizi (AKG). Salah satu yang mempengaruhi gizi adalah status demografi. Daerah pesisir dan non pesisir mempunyai lingkungan berbeda sehingga memiliki perbedaan dari komoditi, keberagaman jenis pangan yang bisa mempengaruhi gizi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan status gizi berdasarkan tinggi badan, indeks massa tubuh dan angka kecukupan gizi pada anak usia sekolah daerah pesisir dan non pesisir Kabupaten Pidie. Desain penelitian ini deskriptif komparatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 226 responden dan jumlah hitungan sampel sebanyak 98 responden yang masing-masing daerah diambil sebanyak 49 responden. Teknik penarikan sampel yang dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan mulai tanggal 16-23 Juli Tahun 2018 dengan melibatkan dua orang enumerator profesi gizi. Hasil analisa uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan status gizi pada anak usia sekolah daerah pesisir dan non pesisir dengan nilai (ρ=0,156). Tidak ada perbedaan tinggi badan pada anak usia sekolah daerah pesisir dan non pesisir dengan nilai (ρ=0,155). Tidak ada perbedaan indeks massa tubuh pada anak usia sekolah daerah pesisir dan non pesisir dengan nilai (ρ=0,064). Tidak ada perbedaan angka kecukupan gizi pada anak usia sekolah daerah pesisir dan non pesisir nilai (ρ=0,188). Saran peneliti diharapkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie agar lebih memperhatikan dan mengevaluasi kembali jalannya program-program gizi anak usia anak sekolah yang ada di tingkat Puskesmas dan meningkatkan promosi kesehatan gerakan masyarakat hidup sehat dalam membantu masyarakat pesisir dan non pesisir untuk mengenal gizi, dan melatih memanfaatkan sumber potensi makanan bergizi yang ada di wilayah tersebut sebagai olahan makanan dengan kandungan gizi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN STATUS GIZI DAN ASUPAN ENERGI TOTAL DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA 9-17 TAHUN DI PANTI ASUHAN DI KOTA BANDA ACEH (Duma Sarah, 2018)

STATUS GIZI MALNUTRISI ANAK BALITA DARI IBU BERPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI TK NANGGROE GAMPONG MEUNASAH JURONG KABUPATEN PIDIE JAYA (SHARA HIDAYATUL MAQFIRAH, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TERHADAP STATUS GIZI MURID TK NEGERI PEMBINA SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (MARTINI, 2016)

HUBUNGAN DEMOGRAFI IBU DAN KONSUMSI PROTEIN HEWANI SEBAGAI MP-ASI TERHADAP STATUS GIZI BAYI PADA USIA 6-24 BULAN DI KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA (DINI ANGGRAINI, 2016)

PERBANDINGAN STATUS GIZI BAYI USIA 6-12 BULAN YANG MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DAN ASI NON EKSKLUSIF DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR (Bemi Oksi Putri, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy