//

PENGARUH STRATEGI BELAJAR CARD SORT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LHOONG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rika Rahmalia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmalia, Rika. 2018.Pengaruh Strategi Belajar Card Sort terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lhoong Aceh Besar”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. T. Abdullah, S.H., MA (2) Nurasiah, S. Pd., M.Pd Kata Kunci: Card Sort, Prestasi Belajar. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Strategi Belajar Card Sort terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lhoong Aceh Besar” ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh strategi card sort terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lhoong Aceh Besar; dan (2) untuk menjelaskan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi card sort terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lhoong Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lhoong yang berjumlah 85 siswa dan terdiri dari 4 kelas, yaitu 2 kelas IPA dan 2 kelas IPS dan sampel yang digunakan ialah kelas XI IPA1 yang terdiri 20 siswa dan XI IPA2 yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah Pengaruh Strategi Belajar Card Sort terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lhoong Aceh Besar. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan analisis uji-t diperoleh nilai pada taraf 5% (α=0,05)diperoleh thitung = 2,34 pada taraf signifikan (α=0,05) dan peluang (1-α), t(0,95)(27) = 2,04 dengan dk = 28 – 1=27. Karena 2,34> 2,04 maka, H0 ditolak dan H1 diterima. Dan dari penelitian saya terdapat 30% siswa yang tidak mencapai nilai KKM serta 70% siswa yang sudah mencapai nilai KKM. Faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi card sort adalah keterlibatan langsung siswa dalam proses pembelajaran. Belajar dengan menggunakan strategi card sort dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa karena siswa tidak hanya menjadi pendengar pasif dari informasi yang disampaikan guru tetapi juga melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran di kelas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 7 BANDA ACEH (Winda Fahrunnisa, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DENGAN INDEX CARD MATCH DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Rahmatul Fadhila, 2019)

PENGGUNAAN CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN PENYAJIAN DATA DI KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Lainufar, 2017)

PENGARUH STRATEGI BELAJAR BATU LONCATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 MEUREUDU (AMELIA SHALEHA, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN FISH BOWL DAN TEKNIK PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Indah Faras Fita Naldi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy