//

PENGARUH STRATEGI BELAJAR BERBURU INFORMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SAKTI KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Merina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Merina. 2018. Pengaruh Strategi Belajar Berburu Informasi Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakults Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Anwar Yoesoef,. M.Si. (2) Nurasiah S.Pd,. M.Pd Kata kunci: Strategi belajar berburu informasi dan prestasi belajar. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Strategi Belajar Berburu Informasi Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie” ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan strategi belajar berburu informasi terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie. Adapun materi yang diajarkan adalah perang dunia 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 76 orang siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen di masing-masing kelas berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Adapun tahap teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) menghitung rata-rata; (2) menghitung varians dan simpangan baku; (3) uji normalitas sebaran data; (4) uji homogenitas varians; dan (5) uji-t. Berdasarkan tahap analisis data tersebut maka diperoleh: nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kotrol adalah 78,58 : 74,8. Varians dan simpangan baku kelas eksperimen adalah 107,16 dan 10,35 sedangkan kelas control 71 dan 8,42. Uji normalitas kelas eksperimen adalah 4,31 dan kelas kontrol 4,46. Uji homogenitas varians tes akhir kelas eksperimen dan kontrol adalah 1,50 dan hasil uji-t 2,12. Hasil penelitian yang didapati adalah penerapan strategi belajar berburu informasi berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sakti. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data di atas bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Sebaran data nilai tes akhir siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal berdasarkan taraf signifikan x2 hitung < x2 tabel, yaitu 4,31 < 7,81 dan 4,46 < 7,81, untuk uji homogenitas Fhitung < Ftabel = 1,50 < 1,98 maka varians data kelas eksperimen dan kelas kontrol homogen. Hasil uji-t dalam menganalisis pengaruh hasil belajar dengan menggunakan strategi belajar berburu informasi diperoleh uji-t yaitu thitung = 2,12 sedangkan ttabel = 2,02. Berarti bahwa thitung > ttabel = 2,12 > 2,02. Dengan demikian sesuai dengan kriteria pengujian maka Ha diterima.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH STRATEGI BELAJAR CARD SORT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LHOONG ACEH BESAR (Rika Rahmalia, 2019)

PEMBINAAN OLAHRAGA PRESTASI DI SMA NEGERI 1 SAKTI KABUPATEN PIDIE TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Muhammad Fazil, 2015)

PENGARUH STRATEGI BELAJAR DELEGASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS MAN 5 PIDIE KECAMATAN DELIMA (Kartini, 2019)

PENGARUH STRATEGI BELAJAR BATU LONCATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 MEUREUDU (AMELIA SHALEHA, 2019)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMP DAN MTS PADA KELAS X SMA NEGERI 1 TANGAN – TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Zulkifli, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy