//

PELAYANAN PUBLIK BERBABIS REFORMASI BIROKRASI DAN E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI: STUDI EMPIRIS PADA ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NANIK KURNIAWATI - Personal Name
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

This study analyzes and examines the effects of: (1) bureaucratic reform and e-government on the good governance and the quality of public services; (2) bureaucratic reform and e-government both directly and indirectly through good governance and public service quality on the organizational performance; and (3) leadership skills in the implementation of bureaucratic reform towards good governance, public service quality and performance of National Archives of the Republic of Indonesia (ANRI). A total of 350 employees working in ANRI and five regional library and archives representing the five major Indonesian archipelagos, namely West Java, North Sumatra, South Sulawesi, West Kalimantan, and Papua have been selected as respondents in this study by using multi-stage sampling technique. Primary data obtained by distributing the questionnaires were analyzed using the Structural Equation Modelling (SEM) and Moderated Regression Analysis (MRA). This study found evidences that bureaucratic reform and e-government have a significant effect on improving the implementation of good governance principles and the public service quality of ANRI. Bureaucratic reform and e-government have no direct effect on the ANRI's performance, but their influences were found to be positive and significant through the implementation of good governance principles and the improvement of quality of public services. The study also found evidence that leadership skills moderated positively the impact of bureaucracy reform on the good governance, public service quality, and the ANRI’s performance. The results of this study imply that to improve the good governance and public service quality, the implementation of bureaucracy reform and e-government should be improved in the archival institutions in Indonesia, supported by the skilled leaders. Keywords: bureaucratic reform; e-government; good governance, public services, performance of public organizations ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh: (1) reformasi birokrasi dan e-government terhadap good governance dan kualitas pelayanan publik; (2) reformasi birokrasi dan e-government baik secara langsung maupun tidak langsung melalui good governance dan kualitas pelayanan publik terhadap kinerja organisasi; dan (3) keahlian kepemimpinan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi terhadap good governance, kualitas pelayanan publik dan kinerja Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Sebanyak 350 pegawai yang bekerja di ANRI dan di lima Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah yang mewakili kepulauan di Indonesia, yaitu Jawa Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, dan Papua telah dipilih sebagai responden dalam penelitian ini dengan menggunakan multi-stage sampling technique (triangulasi). Data yang diperolehi dari penyebaran kuesioner dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan Moderated Regression Analysis (MRA). Penelitian ini menemukan bukti bahwa reformasi birokrasi dan e-government berpengaruh signikan terhadap peningkatan implimentasi prinsip-prinsip good governance dan kualitas pelayanan publik ANRI. Reformasi birokrasi dan e-government tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja ANRI, namun pengaruhnya ditemukan positif dan signifikan melalui implementasi prinsip-prinsip good governance dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini juga menemukan bukti bahwa keahlian kepemimpinan memoderasi secara positif pengaruh pelaksanaan reformasi birokrasi terhadap good governance, kualitas pelayanan publik dan kinerja ANRI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan tata kelola ANRI yang baik dan kualitas pelayanan publik, maka pelaksanaan reformasi birokrasi dan penerapan e-government perlu terus ditingkatkan di lingkungan lembaga kearsipan di Indonesia di bawah kepemimpinan yang berkeahlian. Kata kunci: reformasi birokrasi; e-government; good government governance, kualitas layanan publik, kinerja organisasi publik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DAN REFORMASI BIROKRASI TERHADAP GOOD GOVERNANCE SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA SATUAN KERJA PEMERINTAH (STUDI PADA PEMERINTAH ACEH) (Arief Jauhari, 2015)

PENGARUH IKLIM ORGANISASI, KOMUNIKASI RNDAN KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA RNSERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK (LPP) TELEVISI RNREPUBLIK INDONESIA (TVRI) STASIUN ACEH (CUT NURMARITA, 2014)

AKUNTABILITAS BIROKRASI PELAYANAN ADMINISTRASI PUBLIK DI ACEH BARAT DAYA (STUDI KASUS DI KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU) (Iqram, 2017)

STUDI PERBANDINGAN KEDUDUKAN LEMBAGA NEGARA OMBUDSMAN DALAM SISTEM KETATANEGARAAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DENGAN NEGARA SWEDIA (Rizki Wahyudi, 2015)

BIROKRASI DAN KINERJA PELAYANAN RUMAH SAKIT (STUDI DI RUMAH SAKIT UMUM YULIDDIN AWAY DESA GUNUNG KERAMBIL KABUPATEN ACEH SELATAN) (RENISA , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy