//

PENGARUH DOSIS BIOCHAR DAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (ABELMOSCHUS ESCULENTUS L. MOENCH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ROMIZAL ICHWAL - Personal Name
SubjectFERTILIZER
SOIL FERTILITY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Romizal Ichwal. 1405101050075. Pengaruh Dosis Biochar dan Pupuk Kandang terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Okra (Abelmoschus esculentus L. Moench) dibawah bimbingan Elly Kesumawati sebagai ketua dan Zaitun sebagai anggota. RINGKASAN Okra merupakan tanaman yang termasuk famili Malvaceae dan berasal dari wilayah Afrika bagian tropik. Buah okra dapat dimanfaatkan sebagai sayuran serta dapat digunakan sebagai obat untuk disentri dan radang tenggorokan. Pertumbuhan dan hasil tanaman okra di Indonesia masih rendah. Penggunaan biochar dan pupuk kandang sapi merupakan salah satu cara meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman okra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis biochar dan pupuk kandang serta interaksi diantara kedua faktor tersebut terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman okra. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Campus Experimental Site The ACIAR Project Unsyiah. Darussalam, Banda Aceh, dari bulan Juni sampai September 2018. Bahan-bahan yang digunakan yaitu benih okra sebanyak 270 biji, dosis biochar sekam padi 45 kg, pupuk kandang 67,5 kg, pupuk urea 1,8 kg ha -1 , dan pupuk KCl 0,9 kg ha -1 . Alat-alat yang digunakan yaitu adalah cangkul, ajir, meteran, timbangan analitik, jangka sorong, penggaris, kertas label, tali raffia, dan alat tulis. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola fakorial 3 x 2 dengan 3 ulangan. Faktor yang di teliti yaitu dosis biochar sekam padi dan pupuk kandang. Faktor pertama, dosis biochar (B) terdiri dari 3 taraf yaitu kontrol, dosis 5 dan 10 ton ha . Faktor kedua yaitu pupuk kandang (K) yang terdiri dari 2 taraf, yaitu dosis 5 dan 10 ton ha . Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman dan diameter batang masing-masing pada umur 15, 30, 45, 55 HST, jumlah buah per tanaman, berat buah per tanaman, berat per buah, panjang buah, diameter buah, potensi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis biochar berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman okra umur 45 HST, berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 15 dan 30 HST, serta jumlah buah per tanaman. Dosis biochar terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman okra terdapat pada dosis 10 ton ha -1 . Dosis pupuk kandang berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 55 HST dan diameter tanaman pada 30 HST. Dosis pupuk kandang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman okra terdapat pada dosis 5 ton ha . Terdapat interaksi yang sangat nyata antara dosis biochar dengan pupuk kandang pada tinggi tanaman umur 15 dan 45 HST, serta panjang buah; terdapat interaksi yang nyata untuk dosis biochar dengan pupuk kandang terhadap berat buah per tanaman, diameter buah dan potensi hasil. Interaksi antara dosis biochar dengan pupuk kandang terbaik terdapat pada perlakuan dosis biochar kontrol dan pupuk kandang 5 ton ha . -1 vi -1 -1 -1

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DOSIS KOMPOS DAN PEMANGKASAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (ABELMOSCHUS ESCULENTUS L. MOENCH) (Syarifah Silma Agusti, 2019)

PENGARUH DOSIS KOMPOS LIMBAH MEDIA JAMUR MERANG DAN DEFOLIASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (ABELMOSCHUS ESCULENTUS L. MOENCH) (SAIFULLAH, 2018)

KOMPOSISI BIOCHAR PADA MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK RNUREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAHE RNGAJAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR OFFICINALE) (YUSMANIDAR, 2014)

PENGARUH KOMBINASI DOSIS PUPUK NPK DENGAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) (Salvitia Dirgantari, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR DAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA L.) (ANDI FAHREZA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy