//

STUDI ETNOMATEMATIKA PENENTUAN MUSIM KEGIATAN PERTANIAN TRADISIONAL ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lestari Bunga Puspa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Masyarakat Kecamatan Blangpidie dan Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya menggunakan perhitungan keuneunong sebagai pedoman kegiatan pertanian khususnya padi. Tujuan untuk menunjang hasil panen yang lebih maksimal dan mengurangi resiko bahaya pada penyakit padi dalam upaya pemenuhan kebutuhan bahan pokok. Keuneunong merupakan kalender pertanian yang digunakan oleh masyarakat Aceh dengan berpedoman pada peredaran bulan dan dikombinasikan dengan gugusan bintang Kala (Scorpio). Penelitian ini mengkaji unsur etnomatematika yang terkandung dalam pengetahuan lokal masyarakat Kecamatan Blangpidie dan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya tentang perubahan cuaca atau musim yang menggunakan suatu formula keuneunong serta penerapan formula keuneunong tersebut oleh masyarakat Aceh dengan dinamika cuaca dan iklim pada saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer (pengumpulan data lapangan) dan data sekunder (studi kepustakaan/literatur). Hasil analisa menunjukkan bahwa masyarakat Kecamatan Blangpidie dan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya masih menggunakan perhitungan keuneunong sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan pertanian seperti aktivitas membajak sawah, menabur benih, sampai memanen. Hasil pengamatan lapangan kegiatan sehari-hari masyarakat di bidang pertanian diperoleh data yang yang tidak jauh berbeda antara jadwal penanaman padi masyarakat di Kecamatan Blangpidie dengan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya berdasarkan kondisi keuneunong yaitu pada keuneunong 11, 9, 7, 5, 3, dan 1. Rumus yang digunakan dalam perhitungan ini berlaku untuk seluruh bulan dalam setahun. Kata kunci: keuneunong, etnomatematika, perkiraan musim.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN ETNOMATEMATIKA (Sera Delta Tanjung, 2017)

PERANCANGAN PASAR TRADISIONAL HIGIENIS DI BANDA ACEH (Dian Purnama Sari, 2019)

PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BLANGKEJEREN (Jumratul Sakdiah, 2019)

STUDI EVALUASI FUNGSI JARINGAN DAN BANGUNAN PELENGKAP IRIGASI SERTA PELAKSANAAN OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN DI DAERAH IRIGASI KRUENG ACEH (Reno Syahputra, 2015)

PUSAT KEGIATAN SENI TARI TRADISIONAL ACEH DI BANDA ACEH (Dynie Sabila, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy