//

WUJUD KOMITMEN ANGGOTA PEMUDA PANCASILA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI KESATUAN BANGSA (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN WIH PESAM, KABUPATEN. BENER MERIAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LISA WULANDARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Wulandari, Lisa. 2018. Wujud Komitmen Anggota Pemuda Pancasila Dalam Pelestarian Nilai-nilai Kesatuan Bangsa (Suatu Penelitian di Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah). Skripsi. Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Sanusi, S.Pd., M.Si (2) Maimun, S.Pd., MA Kata Kunci: Pemahaman Anggota Pemuda Pancasila, Komitmen Pelestarian Nilai-nilai Kesatuan Bangsa Penelitian ini berjudul “Wujud Komitmen anggota Pemuda Pancasila Dalam Pelestarian Nilai-nilai Kesatuan Bangsa (Suatu Penelitian di Kecamatan Wih Pesam, kabupaten Bener Meriah)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pemahaman Anggota Pemuda Pancasila Dalam Pelestarian Nilai-nilai Kesatuan Bangsa di kec. Wih Pesam, kab. Bener Meriah, (2) Wujud Komitmen Anggota Pemuda Pancasila Dalam Pelestarian Nilai-nilai Kesatuan Bangsa. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di kec. Wih Pesam, Kab. Bener Meriah. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman anggota Pemuda Pancasila terhadap nilai kesatuan bangsa tergolong sudah memahami karena mampu menjelaskan makna dan nilai yang termasuk dalam kesatuan bangsa meliputi; saling menghargai perbedaan suku, agama, ras, memahami nilai toleransi tanpa membedakan budaya mayoritas dan minoritas, dan memahami nilai musyawarah untuk mencapai mufakat. (2) Komitmen anggota Pemuda Pancasila dalam pelestarian nilai kesatuan diwujudkan dalam melakukan tindakan nyata kepada masyarakat seperti; menjadi relawan ketika terjadi longsor, banjir dan kebakaran mereka mengumpulkan dana untuk bantuan kemanusiaan sebagai sikap toleransinya, merelakan uang pribadi untuk mengadakan kegiatan masyarakat, menghimpun siapa saja yang mau bergabung dalam organisasi tanpa adanya unsur perbedaan, membuat rangkaian perlombaan kesenian (Seudati, Saman, Didong, Kuda Lumping) dan olahraga (bola voly, bola kaki) dilaksanakan atas unsur untuk menyatukan masyarakat dan menjalin kekeluargaan, serta melakukan kerjasama dengan rakyat, TNI/POLRI agar saling membantu dan menjaga keamanan. Disarankan agar Pemuda Pancasila perlu mengadakan pelatihan pada seluruh anggota agar tujuan berjalan maksimal, memberikan edukasi kepada masyarakat diberbagai bidang agar terciptanya pembangunan sumber daya manusia, serta dibutuhkannya upaya kreatif untuk memberdayakan masyarakat. Selain itu dibutuhkan bantuan segi material dari pemerintah untuk memenuhi sarana-prasarana, memberikan perhatian dan bekerja sama untuk mewujudkan berbagai kegiatan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GRATIS DI PUSKESMAS SIMPANG TERITIT KEC. WIH PESAM KAB. BENER MERIAH (Yulita Sofiana, 2017)

KARAKTERISTIK REPRODUKSI KERBAU GAYO BETINA DI KECAMATAN WIH PESAM KABUPATEN BENER MERIAH (Win Aramico Rindi, 2019)

PERKEMBANGAN ORGANISASI PEMUDA PANCASILA DI KOTA BANDA ACEH TAHUN 1984-2016 (Syahrul Indra, 2017)

PENGUKURAN MEDAN MAGNETIK TOTAL PADA LAPANGAN PANAS BUMI BUR NI GEUREUDONG KABUPATEN BENER MERIAH (TEGUH ARIF WIYONO, 2018)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS DI KECAMATAN WIH PESAM KABUPATEN BENER MERIAH (Tri Wahyudi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy