//

HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN DENGAN MODEL GREENSHIELDS, GREENBERG DAN UNDERWOOD PADA RUAS JALAN LUAR KOTA KAWASAN GUNUNG GEURUTEE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARI JUANDA - Personal Name
SubjectTRAFFIC FLOW (ROAD)
TRANSPORTATION ENGINERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN DENGAN MODEL GREENSHIELDS, GREENBERG, UNDERWOOD PADA RUAS JALAN LUAR KOTA KAWASAN GUNUNG GEURUTEE Oleh ARI JUANDA NIM. 1609200060024 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Ir. M. Isya, MT 2. Dr. Noer Fadhly, ST, MT ABSTRAK Di Indonesia penelitian yang pernah dilakukan oleh Karl-L. Bang pada tahun 1994 mengenai hubungan antar parameter lalu lintas yang dimuat dalam Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Penelitian tersebut telah banyak terjadi perubahan antara tahun 1994 – 2018 terhadap pertumbuhan lalu lintas yang dapat mempengaruhi volume, kecepatan dan kepadatan baik pada jalan perkotaan, maupun jalan luar kota di suatu daerah. Di Provinsi Aceh, studi mengenai hubungan parameter lalu lintas juga pernah dilakukan di beberapa ruas jalan. Berdasarkan hal tersebut maka sangat perlu mengetahui karakteristik arus lalu lintas yang terjadi pada Ruas Jalan Banda Aceh - Meulaboh km. 65+450 terletak di Kabupaten Aceh Jaya Provinsi Aceh. Mengingat bahwa jalan ini berada pada kawasan pegunungan yang tergolong ekstrim, dimana terdapat banyak tikungan dan jurang yang sangat curam serta bebatuan pada sisi tebing jalan. Analisis data menggunakan model Greenshields, Greenberg, dan Underwood. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Greenshields dapat dikatakan paling memenuhi dibangkan Model Greenberg dan Model Underwood dengan nilai koefisien determinasi (R2) lebih besar yaitu 0,88. Model tersebut sudah sesuai dengan kondisi lalu lintas pada Jalan Luar Kota. Kemudian arus lalu lintas yang diperoleh tidak dapat mencapai kondisi optimum yaitu dalam kondisi arus lalu lintas stabil. Persamaan yang didapatkan adalah hubungan antara kecepatan dan kepadatan (S-D) dengan persamaan model adalah S = 36,525 – 0,815 D; Hubungan volume – kepadatan (V-D) dengan persamaan model adalah V = 36,525 D – 0,815 D2; Hubungan volume – kecepatan (V-S) dengan persamaan model adalah V = 44,835 S – 1,228 S2. Kata Kunci: Greenshields, Greenberberg, Underwood dan Jalan Luar Kota  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENYEMPITAN JALAN PADA JEMBATAN (BOTTLENECK) TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS (STUDI KASUS : JEMBATAN LAMNYONG, JALAN TEUKU NYAK ARIEF BANDA ACEH) (A R I A D I, 2016)

PENGARUH MANUVER PARKIR KENDARAAN TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI JALAN K.H. AHMAD DAHLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNDERWOOD (Cut Fahra Marissa, 2015)

PENGARUH MANUVER KENDARAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP PENURUNAN KAPASITAS DAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDA ACEH (YUSMADI, 2019)

MODEL HUBUNGAN ANTARA VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN PADA PUTARAN BALIK ARAH (U-TURN) DI JALAN T. HASAN DEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE GREENSHIELDS (Afifuddin, 2014)

MODEL HUBUNGAN KECEPATAN, KEPADATAN, DAN VOLUME LALU LINTAS DIJALAN T. HASAN DEK KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE UNDERWOOD (SETYAWAN SYAH PUTRA SINAGA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy