//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMA NEGERI 2 DARUL MAKMUR, NAGAN RAYA.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fefi Anggraini - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Anggraini, Fefi. 2018. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPA di SMA Negeri 2 Darul Makmur, Nagan Raya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Falkutas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Susanna, M.Pd. (2) Dr. Muhammad Syukri, M.Ed Kata Kunci : model pembelajaran inkuiri, kemampuan kognitif, psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPA di SMAN 2 Darul Makmur, Nagan Raya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen, dan X-2 sebagai kelas kontrol dengan materi pembelajaran yang digunakan adalah “elastisitas dan hukum hooke”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari 22 murid (kelas eksperimen) dan 22 murid (kelas kontrol). Dalam kegiatan mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen berupa tes kemampuan kognitif yaitu berupa saol pre-test dan post-test dan non tes berupa lembar pengamatan kemampuan psikomotorik. Berdasarkan data, pada penelitian ini digunakan metode eksperimen yang mana menggunakan dua kelas untuk melihat pengaruh. Satu kelas diambil sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol sebagai kelas biasa atau tidak diberi perlakuan. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa, perlu dilakukan uji rata- rata satu pihak (uji t). Uji rata-rata satu pihak yang digunakan adalah uji-t (uji pihak kanan) dengan kriteria taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis terdapat kriteria nilai thitung = 3,29 dan nilai ttabel = 1,68 dimana thitung >ttabel yang menunjukkan bahwa tolak Ho dan terima Ha. Dimana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPA di SMAN 2 Darul Makmur, Nagan Raya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA SMA NEGERI 3 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Damharius, 2014)

KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI PADA SISWA SMP NEGERI 6 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Marlina, 2014)

KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA KELAS RENDAH DI SD NEGERI SEUMAYAM KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Renita Anggun Sutrisno, 2018)

HUBUNGAN NILAI KOGNITIF DENGAN PSIKOMOTORIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MEULABOH (Yulia Citra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy