//

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X1 IPS SMA NEGERI 1 SAKTI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hartati - Personal Name
SubjectSTUDY METHOD OF
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hartati. 2018. Pelaksanaan Model Pembelajaran Kumon dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Sakti. Skripsi, jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1). Dr. Husaini, MA. (2). Drs. Zulfan, M.Hum. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kumon, Prestasi Belajar. Penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Model Pembelajaran Kumon dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Sakti” ini bertujuan untuk (1) untuk menjelaskan bagaimana proses pelaksanaan model pembelajaran kumon dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Sakti; dan (2) Mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses pelaksanaan model pembelajaran kumon dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Sakti. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sakti yang berjumlah 76 siswa yang terdiri dari 3 kelas, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 25 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa secara homogenitas kedua kelas yang dijadikan sampel bersifat homogen, dapat diketahui dari uji hipotesis dengan hasil perhitungan Fhitung ≤ Ftabel yaitu Fhitung = 1,45 dan Ftabel = 1,98. Untuk uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh X2 hitung =3,92 dan X2tabel = 7,81 sedangkan untuk uji normalitas kelas kontrol diperoleh X2 hitung =5,0383 dan X2tabel = 7,81, jadi dapat disimpulkan bahwa data dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung = 6,40 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 48 adalah 1,68 dengan kriteria Ha diterima. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kumon adalah siswa menjadi lebih semangat, aktif dan termotivasi untuk lebih giat lagi dalam belajar, selain itu siswa lebih meperhatikan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga membuat siswa menjadi lebih mudah dalam menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru dengan jawaban yang benar dan tepat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SAKTI (Nuraini Cut Ali, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TAKENGON ACEH TENGAH (Iqbal Putra, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 1 SEULIMUM (Zurriati, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDA ACEH (, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Fahnita Mulia P, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy