//

HUBUNGAN ANTARA ASFIKSIA NEONATORUM DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-2 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN DDST II (DENVER DEVELOPMENT SCREENING TEST II)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadiatul Hasanah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Periode 1000 hari pertama kehidupan disebut juga dengan periode emas (golden period) merupakan masa-masa dimana kemampuan otak anak untuk menyerap informasi sangat tinggi. Riwayat kelahiran asfiksia merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak. Asfiksia pada kelahiran tentu perlu mendapatkan perhatian yang serius karena dapat menimbulkan banyak dampak negatif pada bayi, antara lain meningkatkan kesakitan dan kematian bayi baru lahir dan meningkatkan insiden kecacatan berat serta kematian syaraf. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara asfiksia neonatorum dengan perkembangan anak usia 1-2 tahun dengan menggunakan DDST II (Denver Development Screening Test II). Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan case control. Jumlah sampel yaitu 70 anak, terdiri dari 35 anak yang memiliki riwayat kelahiran asfiksia neonatorum dan 35 anak tanpa riwayat kelahiran asfiksia neonatorum dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2018-Oktober 2018. Analisa data menggunakan uji Chi-Square dan Odds Ratio. Analisis bivariat didapatkan bahwa perkembangan balita dengan riwayat kelahiran asfiksia cenderung mengalami perkembangan tidak baik (85,7%) dari pada perkembangan baik (14,3%). Hasil uji statistik dengan Chi-Square menunjukkan nilai p=0,000

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA/I SD KELAS I (Sri Hanifah Mea Herti, 2016)

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK MENGGUNAKAN DENVER DEVELOPMENT SCREENING TEST (DDST) PADA BAYI USIA 6-12 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (Siti Hariaty Putri, 2018)

HUBUNGAN SINDROM NEFROTIK TERHADAP GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2-6 TAHUN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Firda Nur Islami , 2016)

HUBUNGAN PEMBERIAN DEKSAMETASON TERHADAP KEJADIAN ASFIKSIA NEONATORUM PADA KELAHIRAN PREMATUR DI RSUDZA (CUT MEUTIA, 2018)

HUBUNGAN PERSALINAN PERVAGINAM DAN PERSALINAN SEKSIO SESAREA DENGAN KEJADIAN ASFIKSIA NEONATORUM DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Dian Muliasari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy