//

BERINAI DALAM KONTEKS BUDAYA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EMILIA YUSNITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Berinai, Budaya Aceh Penelitian ini berjudul “Berinai dalam Konteks Budaya Aceh’’. Dengan rumusan masalah bagaimanakah fungsi berinai dalam konteks budaya Aceh dan bagaimanakah bentuk-bentuk motif inai pada masyarakat Aceh (Teunom). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan fungsi berinai dalam konteks budaya Aceh (Teunom) dan mendeskripsikan bentuk-bentuk motif inai pada masyarakat Aceh (Teunom). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif yaitu berupa reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi berinai dalam konteks budaya Aceh (Teunom) yaitu berinai pada upacara perkawinan, berinai pada upacara khitanan dan berinai sebagai trend pada kehidupan masyarakat Aceh, prosesi disetiap upacara berbeda-beda, pada upacara perkawinan berinai dilakukan 3 hari sebelum acara puncak sedangkan pada upacara khitanan dilakukan pada malam acara puncak sedangkan untuk trend dalam sehari-hari berinai dilakukan kapanpun diperlukan. Adapun bentuk-bentuk motif yang digunakan pada inai masyarakat Aceh yaitu motif Hindia, Arab dan Aceh (motif pintoe aceh, pucok reubong, puta taloe, awan meucanek, gigoe darut, pucok paku, bungoeng meulu dan bungoeng seulanga), masyarakat Aceh (Teunom) lebih sering menggunakan motif Hindia dan Arab apalagi untuk upacara perkawinan karna dianggap lebih modern dan kekinian.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES UPACARA BERINAI PADA PENGANTIN DI DESA TEUBANG PHUI BARU KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Novianti Surya Putri, 2018)

HUBUNGAN ANTARA MASA MENETAP DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL BUDAYA MAHASISWA ASING PERGURUAN TINGGI NEGERI BANDA ACEH. (Rina Marlina, 2016)

PENGARUH KONTEKS ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN KONTRAK RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH DENGAN IDENTIFIKASI ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Enda Silviana Martin, 2017)

TINDAK TUTUR DIREKTIF DOKTER ANAK SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI DENGAN PASIEN (RESKY SEPTRINA, 2018)

ANALISA SOSIOLOGI TERHADAP BUDAYA PEUPOK LEUMO PADA MASYARAKAT ACEH BESAR (STUDI KASUS PELESTARIAN BUDAYA PEUPOK LEUMO SEBAGAI ASET KEBUDAYAAN ACEH BESAR ) (NURUL AULA PUTRI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy