//

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISLE-BASED STEM TOPIK BANDUL SEDERHANA SERTA KAJIAN PENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X KODYA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EVI RAHMAYANI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
PHYSICS
INSTRUCTIONAL MATERIAL
PENDULUMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Fisika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Kurikulum 2013 menuntut suatu proses pembelajaran pada peserta didik dalam cakupan tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan, hal ini juga termasuk pembelajaran fisika. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat menunjang kurikulum 2013 adalah ISLE (Investigative Science Learning Enviroment) Based STEM. Pendekatan ISLE-Based STEM adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam melakukan suatu pengamatan serta melakukan proyek eksperimen yang dapat memecahkan permasalahan nyata yang melibatkan kegiatan kelompok (tim) secara kolaboratif. Pengembangan media pembelajaran memegang peran penting dalam ISLE-Based STEM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran ISLE-Based STEM, respon peserta didik serta hasil belajar siswa SMA kelas X kodya Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Hasil analisis validasi LKPD ahli validitas LKPD mencapai 3,91 yang berada pada kriteria valid, artinya LKPD layak digunakan pada proses pembelajaran. Persentase respon peserta didik terhadap pembelajaran mencapai 85% yang menunjukkan respon peserta didik positif terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan, sedangkan tes hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran sebanyak 86 % peserta didik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran ISLE-Based STEM dapat digunakan pada siswa kelas X SMA Kodya Banda Aceh dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (windayani, 2014)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Iqbal Ridha, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSTRUCTIONAL GAMES BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Rahmiyanti, 2016)

PENGGUNAAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA DI KELAS III SD NEGERI 4 TAPAK TUAN (Tiara Raihan, 2019)

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MENGGUNAKAN SOFTWARE VIDEOSCRIBE PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS X MIA DI MAN DARUSSALAM (Fitri Nurjanah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy