//

PENGARUH DISPEPSIA FUNGSIONAL TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HIYA ULFI MUNIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dispepsia fungsional merupakan salah satu dari banyak keluhan pada saluran cerna seperti nyeri atau rasa tidak nyaman pada epigastrium, mual, muntah, kembung, heartburn, sendawa, rasa cepat kenyang, dan perut terasa penuh yang dapat dirasakan oleh penderitanya saat tidur di malam hari, sehingga dapat berpengaruh terhadap kualitas tidurnya. Gangguan kualitas tidur merupakan keluhan yang banyak terjadi pada masyarakat, terutama remaja dan dewasa muda, khususnya mahasiswa. Gangguan kualitas tidur memiliki penyebab yang multifaktorial, salah satu penyebab tersebut adalah dispepsia fungsional yang dialami oleh penderitanya. Gangguan kualitas tidur memiliki pengaruh terhadap timbulnya masalah saat melakukan aktivitas sehari-hari sehingga dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dispepsia fungsional terhadap kualitas tidur di kalangan mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala pada bulan Oktober hingga November 2018 teknik total sampling. Hasil penelitian dengan jumlah 264 responden, didapatkan data responden yang mengalami dispepsia fungsional memiliki kualitas tidur buruk sebanyak (63,6%) sedangkan yang tidak mengalami dispepsia fungsional memiliki kualitas tidur yang baik sebanyak (52,3%). Hasil analisis data dengan menggunakan uji chi-square menunjukkan terdapat adanya pengaruh antara mahasiswa yang mengalami dispepsia fungsional dengan kualitas tidur yang buruk (α

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MENDERITA DISPEPSIA FUNGSIONAL (ASHILA RAHMATIKA P, 2018)

PERBEDAAN KUALITAS TIDUR MAHASISWA MEROKOK DAN TIDAK MEROKOK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2010 UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Berlian Miza, 2016)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN PENINGKATAN INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (PUTRI RAHMADHANI, 2017)

¬HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN TERJADINYA SINDROM DISPEPSIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Nurdiansaputri, 2016)

PENGARUH KUALITAS TIDUR TERHADAP DAYA TAHAN JANTUNG PARU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RAHMAT AIDIL FAJAR S, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy