//

TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA DAN PENCURIAN DENGAN KEKERASAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI SINGKIL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rio Kardova - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK RIO KARDOVA TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA DAN PENCURIANDENGAN KEKERASAN (Suatu Penelitian di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri 2018 Singkil) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (V, 62),pp.,bibl.,tbl (Nursiti, S.H., M.Hum) Tindak pidana pembunuhan berencana (Pasal 340) KUHP “Barangsiapa sengaja dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana (moord), dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun”. Pencurian dengan kekerasan (Pasal 365 ayat (2) Ke-2) KUHP “Diancam dengan pidana dua belas tahun; Ke-2: Jika perbuatan dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu, yang dilakukan bersama-sama (Pasal 55 ayat (1) Ke-1) KUHP “Dihukum sebagai orang yang melakukan peristiwa pidana; Ke-1: Orang yang melakukan, yang menyuruh melakukan, atau turut melakukan perbuatan itu. Kejahatan yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat ialah tindak pidana pembunuhan dan tindak pidana pencurian. Adakalanya beberapa tindak pidana dilakukan sekaligus dan bersama-sama, seperti yang terjadi di Kota Subulussalam pada tahun 2012. Kemudian pelaku di pidana dengan pidana mati dan beberapa pelaku lainnya sampai saat ini masih dalam Daftar Pencaharian Orang (DPO). Tujuan dari penulisan ini untuk menjelaskan faktor penyebab terjadinya tindak pidana pembunuhan berencana dan pencurian dengan kekerasan, menjelaskan faktor penghambat dari pihak kepolisian dalam menangani tindak pidana pembunuhan dan pencurian dengan kekerasan, serta upaya penanggulangan tindak pidana pada kasus tersebut di wilayah hukum Aceh Singkil. Data dalam penulisan skripsi ini diperoleh melalui studi kepustakaan dan studi lapangan, studi kepustakaan dilakukan dengan cara membaca dan menganalisis aturan perundang-undangan, buku, artikel, dan bahan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Studi lapangan diperoleh dengan cara mewawancarai pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor penyebab terjadinya adalah faktor ekonomi, faktor rendahnya pendidikan, faktor lingkungan, faktor kesempatan. Faktor penghambat dari pihak kepolisian ialah pelaku lainnya melarikan diri, putusnya komunikasi antara pelaku yang sudah tertangkap dengan pelaku lainnya, Penanggulangan oleh aparat penegak hukum yaitu dengan upaya pre-emtif, upaya preventif, dan upaya represif. Diharapkan kepada pemerintah untuk dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan dalam masyarakat sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak pidana kejahatan, diharapkan kepada anggota aparat penegak hukum khususnya Polres Aceh Singkil meningkatkan patroli di daerah yang dianggap rawan terjadinya tindak pidana kejahatan. Disarankan kepada masyarakat agar lebih hati-hati, dan memberikan arahan kepada keluarga akan bahayanya kejahatan. Keywords: Pembunuhan Berencana, Pencurian Dengan Kekerasan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINDAK PIDANA PENCURIAN (SUATU PENELITIAN PENCURIAN KELAPA SAWIT DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI ACEH SINGKIL) (ANDRI SINAGA, 2016)

TINDAK PIDANA PERCOBAAN PEMBUNUHAN BERENCANA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BIREUEN) (MUHAMMAD HANIF, 2019)

TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI MEULABOH) (MASDA ULFA, 2019)

TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA TERHADAP ANGGOTA KELUARGA DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BIREUEN (Lola Mauliva, 2016)

TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI JANTHO (Nailul Authar Hasri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy