//

PELAKSANAAN SYARIAH ISLAM DI GAMPONG LAMBARO SKEP KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aja Aulia Rahmah - Personal Name
SubjectISLAMIC LAW
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmah, Aja Aulia. 2018.Pelaksanaan Syariah Islam di Gampong Lambaro Skep Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Erna Hayati, SH., M. Hum (2) Hasbi Ali, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Pelaksanaan, Syariah Islam Penelitian ini Tentang “Pelaksanaan Syariah Islam di Gampong Lambaro Skep Kota Banda Aceh”, Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui Pelaksanaan syariah Islam di Gampong Lambaro Skep Kota Banda Aceh, (2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat pelaksanaan syariah Islam di Gampong Lambaro Skep Kota Banda Aceh. Peneitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawanara. Lokasi peneitian di Gampong Lambaro Skep, kecamatan Kuta Alam, kota banda aceh. Sedang teknik pengengupulan data di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara. Subjek penelitian berjumlah 9 orang. Dari hasil penelitian menunjukan. (1) pelaksanaan syariah Islam di gampong Lambaro Skep tidak berjalan dengan semestinya, karena masyarakat yang kurang paham, pemerintah desa yang kurang memperhatikan dan pihak dinas syariah Islam kurang memberikan perhatian (2) faktor penghambat dari pelaksanaan gampong syariah di lambaro skep adalah kurangnya sosialisasi dari pemerintah dinas kepada pemerintah desa dan juga tidak adanya sanksi terhadap gampong yang melanggar peraturan, kurangnya ketegasan yang diberikan oleh aparatur desa kepada warga yang tidak melaksanakan peraturan yang sesuai dengan indikator. Kemudian kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjalankan nilai-nilai syariah. Simpulan ang didapatkan (1) Pelaksanaan Syariah Islam di Gampong Lambaro Skep sebagai Gampong percontohan Syariah belum sepenuhnya terlaksana karena belum mengikuti indokator yang dikeluarkan oleh dinas syariah islam (2) Faktor penghambat kurangnya pengawasan dari dinas syariah islam, kurangnya kepedulian masyarakat gampong dan masyarakat tidak aktif dalam menjalakan syariah islam, serta dipengaruhi oleh budaya dan teknologi, kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjalankan nilai-nilai syariah, dan tidak adanya sangsi yang tegas dari dinas syariah islam yang diterapkan pada masyarakat gampong. (1) diharapkan kepada tokoh dinas syariah islam untuk dapat mempertahankan atau menjaga penerapan Gampong Lambaro Skep sebagai Gampong yang betul-betul Gampong Syariah Islam. (2) kepada masyarakat diharapkan agar menjaga gampong Lambaro Skep sebagai Gampong Syariah Islam dengan mengatifkan kesadaran terhadap kesadaran masing-masing. (3)Hendaknya pemerintah lebih intensif memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga menimbulkan perubahan kepada masyarakat melalui aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sesuai dengan kriteria Syariah yang ingin dicapai.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM PENERAPAN GAMPONG SYARIAT (SUATU PENELITIAN DI GAMPONG BEURAWE DAN LAMBARO SKEP) (NURMASYITAH, 2015)

PELAKSANAAN QANUN JINAYAT DAN SOLIDARITAS SOSIAL DI ACEH (STUDI KASUS DI GAMPONG BEURAWE DAN LAMBARO SKEP, KOTA BANDA ACEH) (Dara Hilda Maisyita, 2018)

PERAN DINAS SYARIAT ISLAM DALAM MENGEDUKASIKAN KONSEP MASYARAKAT MADANI (Riki Munawar Khalil, 2016)

PENERAPAN GOOD GOVERNANCE DALAM PENYELENGGARAAN GAMPONG SYARI’AH DI GAMPONG BEURAWE DAN GAMPONG LAMBARO SKEP KOTA BANDA ACEH (ELIA SAPUTRI, 2019)

KEMISKINAN DI PERKOTAAN (STUDI KASUS GAMPONG LAMBARO SKEP) (Mirza Irwanda, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy