//

ANALISIS TINGKAT MOTIVASI BERHENTI MEROKOK PADA PENGUNJUNG WARUNG KOPI DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afni Yan Syah - Personal Name
SubjectMOTIVATION
SMOKING - ADDICTION - PERSONAL HEALTH
SMOKING CESSATION - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Keperawatan Universita Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN TESIS Desember, 2018 xiv + V Bab + 69 Halaman + 25 Tabel + 2 Skema + 12 Lampiran AFNI YAN SYAH NPM. 1409200180008 ANALISIS TINGKAT MOTIVASI BERHENTI MEROKOK PADA PENGUNJUNG WARUNG KOPI DI BANDA ACEH ABSTRAK Program berhenti merokok belum mendapat perhatian yang cukup di Indonesia karena fokus pengendalian masalah tembakau dewasa ini diprioritaskan pada faktor-faktor lingkungan yang mendorong orang untuk merokok dan mencegah orang untuk berhenti merokok. Timbulnya keinginan seseorang berhenti merokok dapat disebabkan oleh adanya pengetahuan terhadap bahaya rokok yang disertai dengan keinginan dan motivasi yang kuat untuk melaksanakannya. Motivasi tinggi sangat diperlukan untuk proses berhenti merokok, dan ini bisa diketahui melalui aspek pemenuhan kebutuhan fisiologis, kebutuhan sosial, kebutuhan prestasi dan maintenance factors. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat motivasi berhenti merokok pada pengunjung warung kopi di Kota Banda Aceh ditinjau dari aspek pemenuhan kebutuhan fisiologis, sosial, prestasi, dan maintenance factors. Penelitian ini menggunakan metode survei analitik, melibatkan 250 pengunjung warung kopi yang dipilih secara purposive sampling pada beberapa warung kopi di salah satu kabupaten kota di Banda Aceh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Likert dan kemudian dianalisa dengan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi berhenti merokok responden sangat dipengaruhi oleh faktor kebutuhan fisiologis (p=0.004, Exp (B)= 0,605), kebutuhan sosial (p=0.000, Exp (B)= 0,975), kebutuhan prestasi (p=0.000, Exp (B)=0,862), maintenance factors (p=0.004, Exp(B)=0,605). Disarankan agar perawat komunitas memberikan informasi tentang bahaya rokok diwarung kopi melalui leaflet dan bekerja sama dengan pemilik warung kopi untuk membuat peraturan larangan merokok di warung kopi. Kata Kunci : Merokok, Motivasi Berhenti Merokok, Pengunjung Warung Kopi Sumber : 22 buku + 44 jurnal (1971-2017)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA PERILAKU MEROKOK DENGAN DERAJAT KEPARAHAN PENYAKIT PERU OBSTRUKTIF KRONIK (PPOK) DI RSUDZA BANDA ACEH (SRI YUSTIA ULFAH, 2016)

TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI PENGARUH MEROKOK TERHADAP KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA MASYARAKAT BANDA ACEH (Chintya Faradiba Ariyanto, 2015)

UPAYA PERILAKU BERHENTI MEROKOK PADA PASIEN PENYAKITRNPARU OBSTRUKSI KRONIK (PPOK) DENGAN PENDEKATANRNTEORI HEALTH PROMOTION MODEL DI POLIKLINIK PARURNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2014 (Ulfi Fadhillah, 2014)

WILLINGNESS TO PAY MAHASISWA UNTUK BERHENTI MEROKOK (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH) (TRAMA WIGRAHA GINTING, 2018)

HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK TERHADAPRNRISIKO TERJADINYA FARINGITIS KRONIKRNDI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Galih Habil Pramudya, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy