//

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SMA SEDERAJAT PADA MATA PELAJARAN PPKN ( STUDI KASUS DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR )

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yesi Erviana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yesi Erviana. 2018. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMA Sederajat Pada Mata Pelajaran PPKn (Studi Kasus di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar ), Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila DanKewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas SyiahKuala. pembimbing : (1) Drs, Amirullah, M.Si (2) Ruslan, S.Pd.,M.Ed. Kata Kunci : Upaya Guru, Kesulitan Belajar Penelitian ini tentang “ Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMA Sederajat Pada Mata Pelajaran PPKn ( Studi Kasus di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar ) ”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini (1)Apa saja kesulitan belajar yang dialami oleh siswa SMA sederajat dalam mempelajari mata pelajaran PPKn di kecamatan Montasik kabupaten Aceh Besar(2) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa SMA sederajat di kecamatan Montasik kabupaten Aceh Besar, penelitian ini bertujuan untuk :(1) Mengidentifikasi apa saja kesulitan belajar yang dialami oleh siswa SMA sederajat yang ada di kecamatan Montasik pada mata pelajaran PPKn. (2) Mengidentifikasibagaimana upaya gurudalam mengatasi kesulitan belajar siswa SMA sederajat di kecamatan Montasik kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, adapun Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara. Lokasi penelitian beralamat di Kec. Montasik tepatnya di SMAN 1 Montasik dan MAN 2 Aceh Besar. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesulitan belajar yang di alami oleh siswaSMA sederajat di kecamatan Montasik dikarenakanmemiliki permasalahan dalam hal pendengaran maupun penglihatan, juga karena intelegensi atau kemampuan berfikir siswa yang rendah,banyak siswa yang masih malas-malasan dalam belajar serta kurangnya sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran (2) Upaya yang dilakukan oleh guruialah denganmembimbing dan memberi perhatian lebih untuk siswa yang memiliki masalah dalam belajar.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Kesulitan belajar yang di alami oleh siswa kebanyakan di pengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang ada pada diri siswa (2)Upaya yang dilakukan oleh guru dapat dilihat dari perhatiannya dan bimbingannya dalam mengajar terhadap anak-anak-anak yang mengalami kesulitan dalam belajar dan juga menjalin komunikasi yang baik dengan para orang tua siswa.Saran dari penelitian ini, yaitu:(1)Kepada para gurudiharapkan untuk dapat menjalin interaksi yang baikdalam membimbing para siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, menjalin komunikasi yang baik dengan para siswa, orang tua siswa maupun masyarakat yang ada di lingkungan sekolah,(2) Kepada para orang tua siswa diharapkan agar dapat memberikan pola asuh yang baik terhadap anak-anaknya,serta di harapkan untuk dapat berkoordinasi dengan para guru dan pihak sekolah mengenai keadaan anaknya di sekolah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJARRNSISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADURNDI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (Lisnawati, 2015)

UPAYA GURU MATA PELAJARAN IPS TERPADU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (Izzati Lathifah, 2018)

HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWARNDI SMA NEGERI 1 MONTASIK (Lismasari, 2014)

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMAN KOTA BANDA ACEH (Safiatul Husna, 2014)

KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN MATERI PELAJARAN PPKN PADA SISWA SMAN 12 BANDA ACEH (STUDI KASUS DI SMAN 12 BANDA ACEH) (YUSRA AINI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy