//

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN USIA TERHADAP PENGETAHUAN WANITA TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI SEBAGAI DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DI PUSKESMAS KUTA ALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Nurrizky - Personal Name
SubjectBREAST CANCER-MEDICINE
HEALTH CARE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Kanker payudara adalah kanker yang paling sering terjadi pada wanita baik di negara maju ataupun berkembang. Meningkatnya kematian akibat kanker payudara dapat disebabkan karena penderita datang ke pusat kesehatan pada stadium lanjut. Sebenarnya kanker payudara dapat dideteksi oleh setiap orang dengan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan usia terhadap pengetahuan wanita tentang tindakan SADARI di puskesmas Kuta Alam. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan rancangan cross-sectional. Data diperoleh dari wawancara menggunakan kuesioner pada 98 wanita yang dipilih dengan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis uji Spearman, didapatkan p value untuk variabel tingkat pendidikan sebesar 0.001 (p0,05), hal ini menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan antara usia dengan pengetahuan wanita tentang tindakan SADARI di puskesmas Kuta Alam. Kata kunci: Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI), Kanker Payudara, Pengetahuan, Tingkat Pendidikan, Usia

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN KANKER PAYUDARA DENGAN PERILAKU PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) (, 2015)

PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DI DESA RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Rena Intan Mauliza, 2016)

DETEKSI KANKER PAYUDARA BERBASIS FITUR CITRA TERMAL DAN KLASIFIKASI K-NEAREST NEIGHBOR (KNN) (Mentari Bella Al Rasyid, 2019)

GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG FAKTOR RISIKO KANKER PAYUDARA DAN SADARI (PERIKSA PAYUDARA SENDIRI) DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (Dayang Melani, 2016)

PENGARUH MASTEKTOMI TERHADAP KUALITAS HIDUP PENDERITA KANKER PAYUDARA DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Kristina Dience Imburi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy