//

PENERAPAN KONSEP KONSTRUKSI HIJAU PADA PEMBANGUNAN GEDUNG FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afwan Muhajir - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Proyek pembangunan 7 in 1 merupakan proyek Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang bekerjasama dengan PT Pembangunan Perumahan (PP) dalam pekerjaan sipil. Ada 3 bangunan yang dibangun di Unsyiah, diantaranya adalah Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP), Fakultas Matematika Ilmu dan Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH). Kegiatan pembangunan tersebut berkaitan dengan penurunan kualitas lingkungan sekitar, penerapan konsep konstruksi hijau merupakan salah satu cara untuk meminimalisir dan memperbaiki penurunan kualitas lingkungan. Rumusan yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah berapa pencapaian nilai skor konstruksi hijau yang diterapkan pada proyek. Berdasarkan perumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian nilai skor konstruksi hijau yang diterapkan pada proyek. Ruang lingkup penelitian ini berfokus pada perencanaan dan proses pelaksanaan pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah. Pada penelitian ini menggunakan data primer yaitu hasil dari wawancara kuesioner dengan instrumen penilaian indikator green construction yang dikembangkan oleh Ervianto (2015) yang ditujukan kepada responden. Responden pada penelitian ini berjumlah 11 orang yang terdiri dari : penyedia jasa/kontraktor (PT PP) 2 orang, konsultan perencana 1 orang, konsultan pengawas 1 orang, pakar konstruksi 3 orang dan masyarakat 4 orang. Untuk pengolahan data kuesioner menggunakan aplikasi spreadsheet. Hasil penerapan konstruksi hijau pada bangunan gedung Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala adalah 4,11 dan termasuk kedalam kategori baik. Manfaat penelitian ini adalah sebagai pemahaman informasi, betapa pentingnya menerapkan konsep konstruksi hijau pada proses konstruksi sebagai pembangunan berkelanjutan serta sebagai acuan pada penelitian selanjutnya untuk memperbaiki atas kelemahan dan keterbatasan dari hasil penelitian yang ada saat ini. Kata kunci : Konstruksi Hijau, Lingkungan, Pembangunan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN KONSEP KONSTRUKSI HIJAU OLEH PENGGUNA JASA DALAM PEMBANGUNAN KOTA BANDA ACEH SEBAGAI KOTA HIJAU (Ilham Akbar, 2016)

GEDUNG FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNSYIAH TEMA : ARSITEKTUR HIJAU (Ninin Salfitri, 2017)

TINGKAT PEMAHAMAN DALAM PENERAPAN KONSEP KONSTRUKSI HIJAU (GREEN CONSTRUCTION) OLEH KONTRAKTOR PADA PELAKSANAAN KONSTRUKSI DI KOTA BANDA ACEH (Irham Teguh, 2015)

PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP KESEJAHTERAAN HEWAN (ANIMAL WELFARE) PADA KUCING (Taufik Arrahman Siregar, 2018)

FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (julianti junaidi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy