//

PENGARUH MANUVER KENDARAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP PENURUNAN KAPASITAS DAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSMADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jalan Teuku Umar merupakan suatu ruas jalan tinggi aktivitasnya di kota Banda Aceh. Jalan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pelayanan akses tetapi dijadikan pula sebagai fungsi mobilitas sebagai tempat parkir pada badan jalan (on street parking). Lokasi parkir di badan jalan tersebut menimbulkan permasalahan lalu lintas, khususnya di tempat pelayanan publik seperti Pasar Seutui, Rumah Sakit Harapan Bunda, Suzuya Mall dan Restoran Canai Mamak. Permasalahan tersebut yaitu kemacetan akibat pengaruh manuver kendaraan pada saat masuk ke lokasi parkir maupun saat keluar dari lokasi parkir, terutama pada jam sibuk dimana volume kendaraan yang padat. Berdasarkan permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manuver kendaraan saat keluar masuk dan keluar dari lokasi parkir pada badan jalan terhadap kinerja jalan lalu lintas dan model hubungan antara volume, kecepatan dan kepadatan pada ruas jalan tersebut. Untuk menentukan model terbaik dari 3 variabel tinjauan yaitu hubungan volume, kecepatan dan kepadatan dengan melihat nilai determinasi tertinggi dari model Greenshields, Greenberg dan Underwood. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh Model Greenberg merupakan model terbaik dengan nilai determinasi tertinggi dari tiga variabel kecepatan-kepadatan-volume. Model dipilih berdasarkan nilai determinasi yang menunjukan nilai mendekati angka satu. Kapasitas Jalan Teuku Umar Arah Gunongan - Simpang Tiga 2970 smp/jam, tetapi setelah ada kegiatan parkir yang menggunakan sebagian badan jalan kapasitasnya turun 2079 smp/jam (30%). Untuk ruas jalan Arah ke Gunongan kapasitasnya 2970 smp/jam, setelah adanya kegiatan parkir kapasitasnya turun menjadi 2524 smp/jam (15%). Nilai tingkat pelayanan jalan Teuku Umar kondisi tak ada parkir Arah ke Gunongan dan ke Simpang Tiga menunjukkan pada tingkat pelayanan A dan B, tingkat pelayanan jalan kondisi tak ada parkir jam puncak paling rendah pada jam 16.00–17.00 jalan Arah ke Simpang Tiga pada tingkat pelayanan B dan C untuk kondisi ada parkir. Berdasarkan kecepatan kendaraan kondisi manuver in dan manuver out lajur tengah pada tingkat pelayanan E dan F.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KARAKTERISTIK KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DI SUZUYA MALL KOTA BANDA ACEH. (JUMADIN, 2017)

PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS DI JALAN DIPONEGORO PASAR ACEH (DARA AULIA ULFA, 2018)

PENGARUH TATA GUNA LAHAN DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS SIMPANG PELOR MEULABOH – ACEH BARAT) (Bambang Tripoli, 2016)

PENGARUH MANUVER PARKIR KENDARAAN TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI JALAN K.H. AHMAD DAHLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNDERWOOD (Cut Fahra Marissa, 2015)

PENGARUH MANUVER PARKIR KENDARAAN PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS (STUDI KASUS JALAN T. PANGLIMA NYAK MAKAM LAMPINEUNG KOTA BANDA ACEH) (ardilla ulfah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy