//

PENGEMBANGAN SOAL KIMIA KATEGORI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZCREATORPADA MATERI HIDROLISIS GARAM DAN LARUTAN PENYANGGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Shinta Dita Utami - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : SoalHOTS, Model 3-D, WondershareQuizCreator, Hidrolisis Garam, Larutan Penyangga, Analisis Butir Soal Telah dilakukan penelitian yang berjudul Pengembangan Soal Kimia Kategori High Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Komputer Menggunakan Wondershare Quiz Creator pada Materi Hidrolisis Garam dan Larutan Penyangga. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis kualitas serta kelayakan soal-soal kimia kategori HOTS yang dikembangkan untuk materi hidrolisis garam dan larutan penyangga dengan menggunakan Wondershare Quiz Creator, dan mendeskripsikan tanggapan dari mahasiswa terhadap soal-soal kimia kategori HOTS berbasis komputer yang dikembangkan menggunakan Wondershare Quiz Creator. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan kualitatif dan model pengembangan 3-D yang telah dimodifikasi dari model 4-D. Subjek penelitian ini adalah 32 mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP UNSYIAH angkatan 2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi penilaian kualitas soal, lembar validasi kelayakam media, lembar validasi angket tanggapan mahasiswa, lembar penilaian kualitas soal, lembar penilaian kelayakan media pembelajaran, dan lembar angket tanggapan mahasiswa. Uji kelayakan soal oleh tim ahli materi diperoleh skor sebesar 85% dan hasil validasi media tes diperoleh skor sebesar 99,71% memenuhi kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil analisis butir soal diperoleh bahwa 80% soal valid dan 20% soal tidak valid dengan reliabilitas soal sebesar 0,763 termasuk kategori sangat tinggi, 15% soal mudah, 10% soal sulit, dan 75% soal sedang. Daya beda soal meliputi 55% baik dan 45% cukup dan pengecoh yang berfungsi sebesar 62,5% dan pengecoh yang tak berfungsi sebesar 37,5%. Presentase rata-rata dari tanggapan positif mahasiswa terhadap pengembangan soal kimia kategori HOTS berbasis komputer sebesar 93,33% (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini ialah soal kimia kategori HOTS berbasis komputer memiliki kualitas soal yang baik dan sangat layak digunakan sebagai tes hasil belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS VALIDITAS, RELIABILITAS DAN TINGKAT KESUKARAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BUATAN GURU FISIKA SMA NEGERI 1 GANDAPURA (M. Agus Siddiq, 2019)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SCIENCE, TECNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM (FITRI HANDAYANI, 2014)

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN SELF TUTORIAL BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI HIDROLISIS GARAM (Chairunnisak, 2016)

A CONTENT ANALYSIS OF ACTIVITIES IN ENGLISH TEXTBOOK "WHEN ENGLISH RINGS A BELL" (MEUTIA AMALIA PUTRI, 2018)

ANALISIS PERKEMBANGAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA UJIAN NASIONAL FISIKA TINGKAT SMA TAHUN 2014-2018 (Dwi Sanggoro Wati, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy