//

TRADISI BERKESENIAN ADOK DALAM MASYARAKAT HALOBAN KEPULAUAN BANYAK, SUMATERA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HASAN ALI GAYO - Personal Name
SubjectARTISTS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Tradisi, Tari Adok Penelitian ini berjudul “Tradisi Berkesenian Adok dalam Masyarakat Haloban Kepulauan Banyak, Sumatera” mengangkat masalah bagaimana Tradisi Berkesenian Adok dalam Masyarakat Haloban Kepulauan Banyak, Sumatera, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Tradisi Berkesenian Adok dalam Masyarakat Haloban Kepulauan Banyak, Sumatera. Sumber data dalam penelitian adalah Syeh tari Adok, mantan penari, dan penari Adok . Penelitian dilakukan didesa Haloban Pulau Banyak Barat Aceh Singkil. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa tari Adok memiliki lima ragam gerak yaitu Cabik-cabik, Ayun kumbang, Erang-erang, Datang-datang, dan Mak tuan panjang. Pada tari Adok terdapat bentuk pola lantai yang terlihat berulang-ulang, dan tata rias yang sederhana. dalam berkesenian Adok masyarakat Haloban mempunyai dua prosesi yaitu secara adat dan hukum.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TARI ADOK DALAM KESENIAN DENDANG-DENDANG PADA ADAT PERNIKAHAN DI KABUPATEN ACEH SINGKIL (Nita Harfida, 2017)

TRANSFORMASI TRADISI MEUDIKEE DALAM KONTEKS MASYARAKAT SAMALANGA DI KABUPATEN BIREUEN (LIDIA FITRI, 2019)

TRADISI BERBALAS PANTUN DALAM ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT ACEH TAMIANG (“DILEMA KEUTUHAN DAN KEBERLANJUTANNYA”) (Siti Sarah, 2019)

PERGESERAN MAKNA NILAI SOSIAL TRADISI TOLAK BALA (STUDI PADA KECAMATAN BLANGPIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA) (JULIATI, 2016)

TRADISI KHANDURI APAM PADA MASYARAKAT ADAT GAMPONG REUSAK KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT (KHUSNA BORU TUMEANG, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy