//

PENGGUNAAN CAMPURAN PAKAN ORGANIK DAN SF2C (SPROUTED FODDER FOR CHICKEN) TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS TELUR INDUK BETINA ALARAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT MUTIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh substitusi pakan komersil dengan pakan organik dan kecambah terhadap produksi dan kualitas telur. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Lapangan Peternakan Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh. Penilitian ini direncanakan selama 70 hari, yaitu mulai bulan April sampai dengan Juni 2018. Penelitian ini menggunakan 48 ekor ayam induk betian Alaras (Persilangan ayam ALPU dan Kamaras). Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan. Setiap ulangan merupakan unit percobaan yang masing-masing terdiri dari 3 ekor ayam induk betina Alaras. Perlakuan yang dicobakan adalah pemberiaan pakan organik sebanyak (P0) 0%, (P1) 5%, (P2) 10%, (P3) 15% dan SF2C sebanyak (P0) 0%, (P1) 10%, (P2) 15%, (P3) 20% dari total jumlah pakan. Data dianalisis dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan jika diantara perlakuan terdapat perbedaan yang nyata analisis dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (Steel dan Torries, 1991). Parameter yang diamati adalah produksi telur, berat telur, yolk index, tinggi yolk, warna kuning telur, albumen index, dan haugh unit. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemberian pakan organik dan SF2C sebagai feed additive pada pakan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap parameter produksi telur, berat telur, warna kuning telur, albumen index, sedangkan pada diameter yolk dan yolk index berpengaruh nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN SILASE SF2C (SPROUTED FODDER FOR CHICKEN) TERHADAP KUALITAS SPERMA PEJANTAN AYAM ALARAS (Sesmi Karlina, 2019)

PEMBERIAN SPROUTED FODDER FOR CHICKEN (SF2C) FERMENTASI TERHADAP PRODUKTIVITAS INDUK BEETINA AYAM ALARAS (ADE RATNAWATI, 2019)

PENGGUNAAN PAKAN ORGANIK DAN SF2C (SPROUTED FODDER FOR CHICKEN) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SPERMA PEJANTAN AYAM ALARAS F1 (Cut Juli Marwi, 2019)

PENGARUH SUBSTITUSI PAKAN ORGANIK DAN KOMERSIL TERHADAP KUALITAS TELUR AYAM CROSSBREEDING (JANTAN KAMARAS DAN BETINA ALPU) (Dian Silvia, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN FERMENTASI JAGUNG GILING, CANGKANG KEPITING DAN KULIT UDANG TERHADAP KUALITAS TELUR PUYUH (COTURNIX COTURNIX JAPONICA) (NONA SARTIKA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy