//

KAJIAN ASPEK KECEPATAN DAN KETEPATAN PADA SUN TRACKER DUA SUMBU BERBASIS SENSOR BERBENTUK TETRAHEDRON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SADDAM AZMI - Personal Name
SubjectSOLAR ENERGY - ENGINEERING
SENSORS - MANUFACTURING TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Sun tracker dua sumbu dengan berbentuk geometry tetrahedron yang sudah dikembangkan memiliki tingkat persentase error akurasi sebesar 31,26% dan kecepatan 0,063 m/s. Nilai akurasi dan kecepatan tersebut masih rendah untuk melacak cahaya matahari pada kondisi ruang terbuka. Penelitian bertujuan untuk memperbaiki tingkat akurasi dan kecepatan sun tracker tetrahedron tersebut. Metode yang digunakan untuk memperoleh ketepatan pelacakan adalah dengan menerapkan sistem pengontrol yang membentuk sistem pelacak menggunakan kendali Proportional Integral Derivative (PID) dan memodifikasi cahaya matahari dengan menambah sun tracker dan laser pada puncak struktur tetrahedron-nya. Selain itu, motor yang digunakan untuk mengukur keadaan sumbu horizontal dan vertical adalah jenis Stepper DC. Hasil yang diperoleh menunjukkan tingkat error keakuratan dan kecepatan sistem pelacak sun tracker modifikasi adalah sebesar 0,650 pada sumbu X dan 0,540 pada sumbu Y dengan kecepatan sebesar 0,091 m/s. Dari hasil ini dapat disimpulkan sun tracker modifikasi mampu melacak cahaya matahari dengan tepat dan tingkat kesalahan rata-rata pelacak sebesar 0,78% pada sumbu X dan 4,67% pada sumbu Y.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN SISTEM KENDALI ROTASI SOLAR KOLEKTOR CEKUNG LINIER BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535 (abdul haris nasution, 2014)

PROTOTIPE PEMANFAATAN PANEL SURYA SEBAGAI SUMBER ENERGI PADA SISTEM OTOMASASI ATAP STADION BOLA (Andi Julisman, 2017)

PEMBUATAN SENSOR OPTIK PH MENGGUNAKAN EKSTRAK METANOL UBI JALAR UNGU (IPOMOEA BATATAS L.) BERBASIS MATRIKS MEMBRAN PEKTIN (Oni Safrina Sari, 2019)

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA MANDIRI UNTUK RUMAH SEDERHANA (BRYAN SANDHITO, 2019)

UJI PENGARUH SUDUT KEMIRINGAN KOLEKTOR TERHADAP DISTRIBUSI TEMPERATUR (iqbal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy