//

UJI EFEKTIVITAS BERBAGAI DOSIS FUNGI MIKORIZA ARBUSKULAR DAN PUPUK ROCKFOSFAT TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KELAPA SAWIT (ELAIES GUINEENSIS JACQ.) PADA TANAH MINERAL BERGAMBUT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mula Narju - Personal Name
SubjectCOMPOST
FERTILIZER
OIL PALMS - AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Agroteknologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis FMA dan pupuk rockfosfat yang tepat terhadap pertumbuhan kelapa sawit, serta untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara dosis FMA dan pupuk rockfosfat terhadap pertumbuhan tanaman kelapa sawit di tanah mineral bergambut. Penelitian ini telah dilaksanakan di Gampong Selamat Datang Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya, yang berlangsung dari 01 September 2015 sampai dengan 30 Maret 2016. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial dengan tiga kali ulangan yang terdiri atas dua faktor, yaitu faktor FMA (F) terdiri 4 taraf atas: F0 = 0 g tan-1, F1 = 50 g tan-1, F2 = 100 g tan-1, F3 = 150 g tan-1 dan faktor dosis pupuk rockfosfat yang terdiri 3 taraf atas: P1 = 200 g P2O5 tan-1, P1 = 400 g P2O5 tan-1 dan P3 = 620 g P2O5 tan-1. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah pertumbuhan tanaman kelapa sawit, meliputi: penambahan tinggi tanaman, jumlah pelepah, diameter batang, serapan unsur hara N, P, K, jumlah spora dan kolonisasi akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemberian berbagai dosis FMA berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah spora dan kolonisasi akar. namun tidak berpengaruh nyata terhadap pengamatan tinggi tanaman, jumlah pelepah, diameter batang dan serapan unsur hara N, P, K. Dosis FMA terbaik dijumpai pada dosis FMA 150 g tan-1. Dosis pupuk rockfosfat berpengaruh sangat nyata terhadap kolonisasi akar, namun berpengaruh tidak nyata terhadap pengamatan tinggi tanaman, jumlah pelepah, diameter batang, serapan unsur hara N, P, K dan jumlah spora. Terdapat interaksi yang berbeda nyata antara dosis FMA dan pupuk rockfosfat terhadap parameter kolonisasi akar. Kombinasi terbaik dijumpai pada dosis FMA 150 g tan-1 dengan dosis pupuk rockfosfat 620 g tan-1. Kata Kunci : Fungi Mikoriza Arbuskular (FMA), Rockfosfat, Kelapa sawit, Tanah Mineral Gambut

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA INDIGENOUS DAN PUPUK ROCK PHOSPHATE TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ.) DI MAIN NURSERY PADA HISTOSOL (MUHAMMAD IQBAL, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOMPOS DAN MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ.) (Vini Masyitoh Lubis, 2019)

EFEKTIVITAS FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ.) PADA ULTISOL DAN HISTOSOL (REKI JUNIADI, 2016)

PENGARUH JENIS TANAH DAN DOSIS FUNGI MIKORIZA ARBUSKULAR TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH SERTA PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI(GLYCINE MAX L. MERRIL) (Nurmasyitah, 2014)

PENGARUH DOSIS MIKORIZA ARBUSKULAR DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT RN(CAPSICUM FRUTENSCENS PENGARUH DOSIS MIKORIZA ARBUSKULAR DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT RN(CAPSICUM FRUTENSCENS L) (fitri wahyuni, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy